Rabu, 24 Okt 2018 17:06 WIB

Salip Jepang, Spanyol Jadi Negara dengan Harapan Hidup Tertinggi

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ilustrasi harapan hidup. Foto: BBC Magazine Ilustrasi harapan hidup. Foto: BBC Magazine
Jakarta - Spanyol diperkirakan menempati posisi puncak sebagai negara dengan angka harapan hidup tertinggi pada 2040. Gelar tersebut hingga kini selalu menjadi milik Jepang.

Dikutip dari New York Post, riset terkait harapan hidup negara dilakukan peneliti dari Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME). Peneliti menggunakan laporan 2016 Global Burden of Disease untuk memperkirakan harapan hidup di 195 negara.

Analisa tersebut memberikan hasil perkiraan mulai 2017 hingga 2040. Warga Spanyol diperkirakan hidup hingga 85,8 tahun, yang disusul Jepang dengan 85,7 tahun. Singapura dengan 85,4 tahun dan Switzerland dengan 85,2 tahun berada di peringkat selanjutnya.

"Faktor risiko harapan hidup adalah populasi tinggi, pendapatan rendah, pendidikan terbatas dan kematian dini. Faktor risiko ini bisa ditekan dengan pelarangan merokok dan anjuran makan sehat," kata Direktur IHME Christopher Murray pada CNN.

Baca juga:

Dalam laporan tersebut, peringkat Amerika Serikat turun menjadi 64 dari yang semula 64. Angka harapan hidup Amerika Serikat saat ini 79,8 tahun, yang hanya akan meningkat 1,1 tahun pada 2040. Angka ini lebih kecil dibanding negara industri lain yang meningkat 4,4 tahun.

Amerika menjadi negara berpenghasilan tinggi dengan angka harapan hidup terendah. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengatakan, penurunan diakibatkan obesitas dan kasus penyalahgunaan obat. Sekitar 38 persen orang dewasa di Amerika mengalami obesitas, sementara kasus narkoba mencapai 63.600 di 2016.

Baca juga: (Rosmha Widiyani/up)
News Feed