Jumat, 26 Okt 2018 12:10 WIB

Ternyata Cara Makan Seperti Ini Bisa Picu Perut Kembung

Nabila Nufianty Putri - detikHealth
Foto: shutterstock
Jakarta - Perut yang sering terasa kembung tiba-tiba biasanya dikaitkan dengan penyakit mag. Padahal ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang memicu perut sering kembung. Misalnya makan terlalu banyak atau terlalu cepat. Bahkan beberapa makanan juga menjadi faktor perut sering kembung.

Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma, dr Helmin Agustina Silalahi, mengungkapkan makan kebanyakan bisa menimbulkan perut menjadi kembung. Sebab, makan kebanyakan dapat membuat enzim dalam saluran cerna menjadi berkurang, pencernaan menjadi lambat, dan timbul kembung. Begitu juga dengan cara makan terburu-buru.


"Makan terburu-buru menyebabkan pencernaan mekanik di rongga mulut jadi tidak sempuna sehingga mempersulit pencernaan selanjutnya dan memberi kesempatan timbulnya gas lebih banyak," ujar dr Helmin kepada detikHealth, Kamis (26/10/2018).

Untuk makanan yang dapat memicu kembung, dr Helmin memaparkan seperti sayuran. Contohnya, kembang kol, sayuran mentah berlebihan, nangka, minuman bersoda, dan kacang-kacangan dengan jumlah berlebihan.

Perut kembung bisa diatasi dengan meminum air hangat yang dicampurkan aneka ragam herbal. Misalnya jahe merah yang berkhasiat menghangatkan tubuh, mencegah gas berlebih, dan melindungi lambung.


Ada juga akar manis dan kunyit yang membantu melindungi lambung, ananas yang mengandung enzim bromelain untuk mencerna protein dengan lebih baik sehingga tidak menimbulkan gas berlebih, serta adas yang bisa meningkatkan gerakan usus agar gas tidak terjebak.

Agar lebih praktis, minum Gazero yang memiliki kandungan tersebut untuk mengatasi perut kembung secara efektif.

(ega/up)