Jumat, 26 Okt 2018 13:45 WIB

Psikologi

Jokowi Kelepasan Sebut 'Sontoloyo', Apa Sih Kontrol Diri Itu?

Annissa Widya Davita - detikHealth
Jokowi dituding kurang kontrol diri karena mengucapkan sontoloyo (Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom) Jokowi dituding kurang kontrol diri karena mengucapkan 'sontoloyo' (Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo mengaku kelepasan saat mengucapkan 'politikus sontoloyo'. Koordinator juru bicara Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga, Dahnil Anzar Simanjuntak menyebut Jokowi kurang 'kontrol diri'.

"Jadi justru menunjukkan bagi saya, kalau pak Jokowi nyebut beliau nggak bisa nahan lagi, menunjukkan secara psikologis memang beliau berhadapan dengan masalah kontrol diri yang lemah," katanya, dikutip dari detiknews.



Ngomong-ngomong, kontrol diri itu apa sih? Psikolog dari Universitas Indonesia, Bona Sardo, MPSi, menjelaskan bahwa kontrol diri merupakan suatu kemampuan dalam menahan atau mengelola dengan baik hal yang ada pada pikiran kita ataupun perasaan yang sedang dialami.

"Hal-hal tersebut harus dikelola dengan baik sebelum akhirnya muncul dalam perkataan ataupun perilaku," ujarnya, saat dihubungi detikHealth, Jumat (26/10/2018).


Sering dipakai untuk memaki, sontoloyo arti sebenarnya adalah penggembala bebek.Sering dipakai untuk memaki, sontoloyo arti sebenarnya adalah penggembala bebek. Foto: Arif Syaefudin/detikcom


Bona menambahkan, kontrol diri diatur oleh otak bagian depan alias prefrontal cortex ataupun area seputar dahi kita. Di bagian tersebut, otak merespons bagaimana kita harus bersikap dalam menghadapi pengendalian diri.

Menurut Bona, seseorang yang memiliki kontrol diri yang baik biasanya mengerti apa yang harus dan tidak harus diucapkan ataupun dilakukan dalam situasi-situasi tertentu.

"Inilah kenapa kemarin saya kelepasan, saya sampaikan 'politikus sontoloyo' ya itu. Jengkel saya. Saya nggak pernah pakai kata-kata seperti itu. Karena sudah jengkel ya keluar. Saya biasanya ngerem, tapi sudah jengkel ya bagaimana," kata Jokowi menjelaskan polemik 'sontoloyo'.






Tonton juga 'Politik Sontoloyo Jokowi Sindir Siapa?':

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)
News Feed
Layar Pemilu Terperc
×
Layar Pemilu Terpercaya
Layar Pemilu Terpercaya Selengkapnya