Rabu, 31 Okt 2018 16:29 WIB

Cek Fakta, Baru Share! Sembarangan Sebar Info Soal Musibah Picu Trauma

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Cek fakta dulu baru sebarkan informasi terkait musibah. (Foto: iStock) Cek fakta dulu baru sebarkan informasi terkait musibah. (Foto: iStock)
Jakarta - Tragedi pesawat Lion Air JT 610 yang terjatuh pada Senin (29/10) menimbulkan duka yang dalam bagi seluruh masyarakat Indonesia. Namun, banyak oknum yang secara sengaja menyebarkan informasi yang menyesatkan bagi masyarakat.

Psikolog dari Personal Growth, Linda Setiawati, berujar bahwa perilaku ini tidaklah bijak. Masyarakat perlu mendalami lagi isi pesan yang didapatkan, jangan asal disebarkan.

"Yang pasti harus cek dulu beritanya apa benar atau nggak, kan biasanya ada tuh yang nyebarin penyebabnya ini itu padahal belum tentu," katanya saat ditemui pada acara Happier at Work, Selasa (30/10/2018).

"Misalnya kemarin banyak yang sebar soal foto-foto dan video di dalam pesawatnya yang pakai masker oksigen padahal kan bukan (korbannya). Harus cari tau itu fakta atau tidak, kalau belum yakin jangan share," tambahnya.



Linda menambahkan, jika mendapat foto korban seperti badan jenazah, sebaiknya jangan disebarkan karena bisa menimbulkan efek traumatis bagi banyak orang, bukan hanya bagi keluarga korban.

"Kita tahu pengguna sosial media di Indonesia itu banyak bukan cuma dewasa. Bisa jadi ada anak kecil atau remaja yang belum siap dengan itu, jadi memang harus bijak sih kalau mau share," jelasnya.





Tonton juga 'Sandi Ajak Masyarakat Bersatu Berantas Hoax Tragedi Lion Air JT 610':

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)
News Feed