Jumat, 02 Nov 2018 15:25 WIB

Soal Ojol Ditampar: Upgrade Selera Humor Vs Bercanda Tahu Tempat

Widiya Wiyanti - detikHealth
Bercanda yang tidak nyambung bisa bikin frustrasi, bahkan berkelahi (Foto: ilustrasi/thinkstock) Bercanda yang tidak nyambung bisa bikin frustrasi, bahkan berkelahi (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Topik Hangat Drama Ojol Ditampar
Jakarta - Seorang pelanggan terbawa emosi saat seorang driver ojek online (ojol) mencandainya untuk membuatkan kopi. Driver tersebut ditampar karena dianggap bercandanya kelewat batas.

Bercanda memang urusan subjektif, standar dan selera humor tiap individu sangat beragam. Lucu buat sebagian orang, belum tentu sopan bagi orang lain. Dan karenanya, suara netizen terbelah menyikapi 'drama' yang viral lewat potongan video di media sosial tersebut. Pelanggan yang butuh upgrade selera humor, atau cukup driver yang bercandanya tahu tempat?

Dua-duanya bisa dilakukan. Psikolog klinis dari personal Growth, Veronica Adesla mengatakan seseorang bisa saja meningkatkan selera humornya dengan beberapa hal.

"Lepaskan ketegangan dan tekanan pikiran-perasaan, bisa dengan berteman dan bertemu teman-teman yang lucu dan menghibur," katanya melalui pesan singkat kepada detikHealth, Jumat (2/11/2018).



Selain itu, bisa juga dengan menonton film atau acara komedi yang sesuai dengan selera. Menurut Vero, sapaan akrabnya, berolahraga yang sifatnya fun, seperti menari dan aerobic bersama juga bisa meningkatkan selera humor seseorang.

"Karaoke. Perbanyak tersenyum dan gelak tawa, asal jangan tersenyum dan tertawa sendiri tanpa sebab yah," tuturnya.



Sebaliknya, ada sebagian orang yang selera humornya terlalu 'receh' sehingga apa-apa dianggap lucu. Sifat yang demikian tak jarang menjerumuskan seseorang dalam situasi bercanda kelewat batas, yang oleh Vero disarankan untuk bisa menempatkan candaan dengan tepat.

Bercanda juga ada etikanya, yaitu dengan memerhatikan tiga hal: batasan kesopanan, situasi dan kondisi, serta konteks peran dan waktu.

"Akan sangat mengesalkan dan menyebalkan ketika berhadapan dengan orang yang bercanda tidak pada tempatnya. Oleh karena itu, budayakan bercanda dengan etika," pesan Vero.

(wdw/up)
Topik Hangat Drama Ojol Ditampar
News Feed