Jumat, 02 Nov 2018 15:40 WIB

Tips Duduk Nyandar Biar Aman dari Derita Nyeri Pinggang

Rosmha Widiyani - detikHealth
Postur saat duduk mempengaruhi risiko sakit pinggang (Foto: thinkstock) Postur saat duduk mempengaruhi risiko sakit pinggang (Foto: thinkstock)
Jakarta - Posisi duduk terbaik ternyata tak hanya tegak dengan punggung lurus dan bahu tegak. Bagi yang punya keluhan nyeri pinggang, duduk bersandar pada kursi ala bos menjadi postur terbaik. Ruang sela antara punggung bagian bawah dan sandaran kursi bisa diisi bantal yang nyaman.

"Ruang yang kosong di sandaran kursi bagian bawah jangan dibiarkan kosong, karena bisa menyebabkan otot kaku dan nyeri pinggang. Untuk posisi duduk, yang penting jangan bungkuk karena bisa memprovokasi rasa nyeri," kata dokter ahli bedah saraf Wawan Mulyawan.



Duduk terlalu lama dan sering dalam posisi tegak atau bungkuk sebetulnya berbagi risiko menyebabkan nyeri pinggang. Menurut Wawan, hal ini disebabkan saraf yang menjadi lebih tegang ketika duduk daripada berdiri. Risiko bisa ditekan dengan sesekali berdiri dan melemaskan otot pinggang yang terasa kaku.

Sesuai pengalamannya, Wawan menyarankan berdiri dan menggerakkan anggota tubuh tiap 30 menit di antara waktu duduk. Selain memperbaiki postur duduk, Wawan juga menyarankan penerapan pola hidup sehat untuk menekan risiko sakit pinggang.

Salah satu pola hidup yang disarankan adalah rutin olahraga jalan kaki dan berenang setiap hari. Olahraga tersebut bisa memperkuat otot pinggang, sekaligus menjaga berat badan supaya terhindar dari nyeri pinggang.

(up/up)