Jumat, 02 Nov 2018 18:17 WIB

Selera Humor Kamu Dianggap 'Receh'? Ini Kata Psikolog

Widiya Wiyanti - detikHealth
Selera humor tiap individu berbeda-beda (Foto: iStock) Selera humor tiap individu berbeda-beda (Foto: iStock)
Topik Hangat Drama Ojol Ditampar
Jakarta - 'Drama' ojek online (ojol) ditampar pelanggan cukup viral di media sosial. Ada saja netizen yang menyebut sang pelanggan tidak punya rasa humor, atau ada juga netizen yang menyebut driver ojol tersebut bercanda yang kelewat batas.

Selera humor tiap orang berbeda. Ada yang 'receh' sekali, yang bagi kebanyakan orang dianggap tidak lucu, menurutnya lucu sekali. Ada pula yang sebaliknya, orang lain terbahak-bahak bagi seseorang bisa saja menyinggung perasaan.

Apakah seseorang yang bercandanya 'receh' memiliki suatu masalah psikologis di baliknya? Ternyata menurut Veronica Adesla, psikolog klinis dari personal Growth, bercanda 'receh' bukan menandakan adanya suatu masalah.

"Nggak apa-apa. Selera humor kan beda-beda. humor receh pun nggak masalah. Inti dari humor kan menghadirkan gelak tawa dan perasaan yang menyenangkan," ujarnya melalui pesan singkat kepada detikHealth, Jumat (2/11/2018).



Menurut Vero, sapaan akrabnya, orang yang mudah tertawa itu dikarenakan rentang selera humornya lebih luas dari orang lain pada umumnya.

"Jadi mungkin buat orang yang tidak terlalu lucu, buat yang bersangkutan dia tertawa bisa sampai ngakak. Tidak ada masalah sih untuk ini," lanjutnya.

Namun, Vero mengingatkan kembali bahwa bercanda harus tahu tempat. Selain itu juga harus memerhatikan batasan kesopanan, situasi dan kondisi, serta konteks dan peran. Jangan sampai jadi tidak sensitif, akhirnya membuat orang lain tersinggung.

(wdw/up)
Topik Hangat Drama Ojol Ditampar
News Feed