Sabtu, 03 Nov 2018 17:07 WIB

5 Risiko Kesehatan yang Dihadapi Penyelam Selain Dekompresi

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Halaman 1 dari 6
Kegiatan menyelam. Foto: Ardian Fanani Kegiatan menyelam. Foto: Ardian Fanani
Jakarta - Penyelam bernama Syachrul Anto meninggal dunia saat mencari Lion Air JT 610 yang jatuh pada Senin (29/10) kemarin. Saat ditemukan mengapung di permukaan laut, ia sudah dalam kondisi tak sadarkan diri, diduga mengalami dekompresi saat menyelam yang kemudian merenggut nyawanya.

Penyelaman atau scuba diving merupakan aktivitas yang cukup aman, namun ada banyak risiko kesehatan yang dapat terjadi sehingga harus tetap diwaspadai.

"Salah satu elemen paling berbahaya saat menyelam adalah perubahan tekanan ambien. Saat kamu meningkatkan tekanan di sekitar tubuhmu, gas dalam tubuh juga mengalami perubahan yang berdampak pada organ-organ yang mengandung udara," kata Robert Quigley, MD, DPhil dari Americas for International SOS, dikutip dari Everyday Health.

Perubahan pada tekanan juga mengubah kuantitas gas yang melebur dalam aliran darah dan jaringan tubuh, yang bisa berujung pada risiko kesehatan serius atau barotrauma (rasa sakit atau nyeri disebabkan perubahan tekanan). Oleh karena itu jika kamu berencana ingin menyelam, waspada potensi risiko kesehatan barotrauma berikut ini yang dapat terjadi:

(frp/up)