Rabu, 07 Nov 2018 19:25 WIB

Banyak Minum Air, Bahaya Nggak Sih?

Yoga Radyan Nalendra      - detikHealth
Minum air putih harus mencukupi tubuh dan tidak berlebihan. Foto: Istimewa Minum air putih harus mencukupi tubuh dan tidak berlebihan. Foto: Istimewa
Jakarta - Seperti yang kita ketahui, sebagian besar tubuh kita mengandung cairan air (H2O) sehingga sangat penting bagi tubuh untuk memiliki kadar air yang cukup. Nah, tahukah kalian jika mengonsumsi air putih terlalu banyak ternyata tidak membahayakan bagi tubuh kita?

Menurut Prof Stavros A Kavouras saat dijumpai setelah menghadiri acara di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), mengatakan mengonsumsi air putih terlalu banyak tidak menimbulkan masalah terhadap tubuh kita.

"Sebenarnya tubuh kita kalau mengonsumsi air putih terlalu banyak, tidak masalah dan tidak memberi impact negatif bagi tubuh kita. Hanya mungkin intensitas kita ke toilet bakal lebih banyak," ujarnya, Rabu (7/11/2018).

Akan tetapi banyak mengonsumsi air yang dimaksud di sini, jangan langsung mengonsumsi dua botol air putih besar. Tetapi intensitas kita sering meminum air minum yang dihitung.

"Lebih baik kita membagi waktu untuk mengonsumsi air putih. Jangan langsung menenggak air putih begitu banyak," ujar ahli nutrisi asal Arizona State University, AS tersebut.


Yang dimaksud membagi waktu yang baik untuk mengonsumsi banyak air putih adalah dimulai dari saat kita baru bangun tidur sampai sebelum tidur. Misalnya, segelas usai bangun tidur, dua gelas masing-masing di siang, sore, malam hari dan segelas sebelum tidur.

"Karena jika intensitas kita sering mengonsumsi air putih, maka akan memberi kesempatan kita terhindar dari segala jenis penyakit. Jadi jangan khawatir untuk mengonsumsi banyak air putih," pungkasnya.



(Yoga Radyan Nalendra     /up)