Jumat, 09 Nov 2018 14:35 WIB

Perih Pakai Obat Kumur, Apakah Efek Obat Bekerja Atau Ada Masalah?

Kireina S Cahyani      - detikHealth
Ilustrasi menggunakan obat kumur. Foto: ilustrasi/thinkstock Ilustrasi menggunakan obat kumur. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Obat kumur atau mouthwash kerap menjadi andalan kita untuk menghilangkan bau mulut yang disebabkan kuman. Namun apakah kalian pernah merasakan sensasi perih di mulut saat menggunakannya?

Tidak sedikit masyarakat yang khawatir ketika perih melanda. Sebagian berpikir bahwa itu adalah efek kerja dari obat kumur, ada pula yang beranggapan bahwa sensasi perih terjadi akibat adanya masalah di mulut atau gusi.

Menurut drg Sri Angky Soekanto, PhdD, PBO, sensasi perih di mulut hanya dapat diketahui berbahaya atau tidaknya setelah diperiksa oleh dokter lebih lanjut.

"Perih atau tidak perih hanya profesional yang dapat pastikan itu pengaruh ada luka atau tidak," ujar Angky.



Dokter gigi yang sekaligus Dosen Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia itu menjelaskan cara membersihkan mulut yang baik terbagi menjadi tiga tahap, yaitu brushing (menggosok gigi), flossing (membersihkan sela-sela gigi dengan benang atau dental floss), dan rinsing (berkumur).

Namun di tahap terakhir, yaitu berkumur, drg Angky juga menyarakan apabila tidak kuat untuk berkumur karena rasa perih yang tak tertahankan lebih untuk tidak perlu menggunakannya lagi.

"Apabila terlalu perih dan tak tertahankan lebih baik tidak perlu diteruskan. Namun jangan berspekulasi perih akibat obat sedang bekerja, itu juga tidak benar. Masalah perih ini perlu diperiksa dokter gigi lebih lanjut," tutup drg Angky saat saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Jumat (9/11/2018).

(wdw/wdw)
News Feed