Minggu, 11 Nov 2018 15:34 WIB

Diskes Riau Gelar Hari Kesehatan Nasional di Pekanbaru

Chaidir Anwar Tanjung - detikHealth
Hari kesehatan nasional di Riau diperingati di Pekanbaru (Foto: detikHealth) Hari kesehatan nasional di Riau diperingati di Pekanbaru (Foto: detikHealth)
Pekanbaru - Dinas Kesehatan Provinsi Riau menggelar hari Kesehatan Nasional di Pekanbaru. Banyak kegiatan yang dilaksanakan, di antaranya pelayanan vaksin campak/rubella (MR).

Hari Kesehatan Nasional jatuh setiap 12 November tahun ini yang digelar Pemprov Riau dengan moto 'Ayo Hidip Sehat Mulai dari Kita'. Acara ini dipusatkan di Jl Cut Nyak Dien di sekitar Kantor Gubernur Riau yang juga sekaligus di area Car Free Day di Jl Sudirman, Pekanbaru.

Acara ini dihadiri Pelaksana Tugas Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim. Juga dihadiri sejumlah mahasiswa kesehatan. Di mulai dengan senam massal yang diikuti masyarakat.

Dinas Kesehatan Riau, juga menyediakan cek kesehatan (tensi, gula darah dan kolestrol). Tenaga kesehatan juga memberikan pelayanan konseling gizi, ibu hamil, tumbuh kembang anak.

Pelayanan kesehatan yang juga jadi pilihan masyarakat adalah, membawa anaknya usia 9 bulan hingga 15 tahun untuk ikut vaksin MR.

Sejumlah balita banyak yang dibawa orang tuanya untuk mendapatkan vaksin MR (Measles Rubella) secara gratis.

"Alhamdulilah, tadi saya vaksikan anak saya yang masih belita. Ini untuk kesehatan agar tidak terkena penyakit campak dan rubella," kata Heriansyah (34) yang melakukan vaksin untuk anaknya.



Pantauan di lokasi juga, banyak masyarakat yang melaksanakan donor darah. Pihak Palang Merah Indonesia (PMI) Pekanbaru juga ikut meramaikan hari kesehatan tersebut. Satu unit mobil transfusi darahnya berada di acara tersebut.

Warga yang peduli menyelamatkan nyawa orang lain, terlihat antre untuk menyumbangkan darahnya. Lumayan ramai warga untuk ikut berpartisipasi dalam donor darah.

"Tadi saya barusan donor darah. Berharap masyarakat lainnya bisa ikut andil donor darah untuk membatu masyarakat yang membutuhkan darah," kata Fitriani (34) seorang ibu rumah tangga kepada detikcom.

Secara terpisah, Kepala Seksi Promosi Kesehatan (Promkes) Diskes Riau, Rizita mengatakan, pihaknya mengajak masyarakat untuk hidup sehat dimulai dari diri sendiri dan lingkungan keluarga.

"Besok (Senin 12/11) kita akan melaksanakan upacara puncak Hari Kesehatan Nasional di Kantor Gubernur Riau. Kita juga akan memberikan reward kepada media yang selama ini turut serta mengkampanyekan soal kesehatan," kata Rozita.





Tonton juga video 'Bocah Ini Temukan Alat Permudah Penanganan Kanker Pankreas':

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)