Senin, 12 Nov 2018 06:46 WIB

Wajib Dilakukan Saat Mendapat 'Alarm' Pradiabetes

Yoga Radyan Nalendra - detikHealth
Pola makan seimbang dan olahraga secara rutin bisa menjauhkan dari risiko diabetes (Foto: Annissa Widya Davita/detikHealth)
Jakarta - Salah satu kondisi menuju kondisi diabetes adalah pradiabetes. Seseorang yang sudah dalam kondisi ini bisa dikatakan selangkah lebih dekat menuju diabetes. Dalam kondisi ini, alarm seolah sudah berbunyi memperingatkan penderita untuk waspada.

Kepala Divisi Metabolik Endokrin Departemen Penyakit Dalam RS Cipto Mangunkusumo-Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr Dante Saksono H. SpPD-KEMD, PhD, mengungkapkan bahwa seseorang dengan pradiabetes, atau orang yang belum terkena, harus sering konsultasi ke dokter terdekat.

"Pradiabetes itu harus dicari karena nggak ada keluhannya," ujar dr Dante Saksono, saat menghadiri acara Jakarta Diabetes Walk 2018, Minggu (11/11/2018).

"Pradiabetes ini bakal calon jadi diabetes? Belum. Karena kalo pradiabetes ditangani dengan baik, maka tidak pradiabetes sehat. Nah kalo pradiabetes tidak diapa-apain, maka ga lama jadi diabetes," lanjutnya.



Ada beberapa faktor gejala pradiabetes bisa dideteksi sedari dini, antara lain adalah seperti diungkap dr Dante berikut ini.

"Pertama, kita bisa melihat riwayat keluarga terkena diabetes apa tidak. Kedua, pernah melahirkan anak di atas empat kilogram, kemudian kita kurang exercise (olahraga), kegemukan, itu semua faktor resiko pradiabetes. Apalagi kalau riwayat keluarga, kita harus cek gula darah," tambahnya.

Pradiabetes adalah kondisi ketika kadar gula darah cukup tinggi, berkisar antara 101 - 125 mg/dl, dan terjadi secara konsisten, meskipun belum cukup tinggi untuk dikategorikan sebagai diabetes melitus. Data International Diabetes Federation menyebut pada tahun 2030, akan ada 398 penduduk dunia yang mengalami diabetes.

"Dan ingat sekali diabetes, tetap diabetes," tutupnya.



Saksikan juga video 'Risiko Diabetes Lebih Tinggi Kalau Punya Teman Sedikit?':

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)