Jumat, 16 Nov 2018 10:31 WIB

Dendam Bisa Jadi Tanda Awal Gejala Gangguan Mental

Widiya Wiyanti - detikHealth
Dendam ternyata gejala awal dari gangguan kepribadian. Foto: Edi Wahyono Dendam ternyata gejala awal dari gangguan kepribadian. Foto: Edi Wahyono
Jakarta - Polisi sebut motif sementara tersangka Haris Simamora (HS), tersangka pembunuhan satu keluarga di Bekasi, Jawa Barat adalah dendam. Mungkinkan tersangka idap gangguan mental?

Dikutip dari Web MD, dendam merupakan gejala awal dari adanya ganguan kepribadian paranoid yang termasuk dalam salah satu gangguan mental. Lantas, apa itu gangguan kepribadian paranoid?

Gangguan kepribadian paranoid atau paranoid personality disorder (PPD) adalah salah satu kelompok kondisi yang disebut 'Cluster A' dari gangguan kepribadian yang melibatkan cara berpikir aneh atau eksentrik.

Orang yang mengidap gangguan kepribadian ini merasa dirinya selalu dalam kondisi bahaya, selalu muncul rasa ketidakpercayaan dan kecurigaan tak henti-hentinya pada orang lain, meskipun tidak ada alasan untuk merasa curiga.



Selain dendam, gejala lain dari gangguan kepribadian paranoid yaitu enggan untuk terbuka, tidak mudah memaafkan, hipersensitif dan tidak menerima kritik buruk, secara umum bersikap dingin dan jauh dalam hubungan dengan orang lain, memiliki kesulitan untuk bersantai, dan keras kepala.

Penyebab gangguan kepribadian ini belum diketahui pasti, namun kemungkinan melibatkan kombinasi antara faktor biologis dan psikologis. Namun untuk mengetahuinya secara pasti, seseorang harus dievaluasi dan diperiksa oleh psikiatri lengkap dengan pemeriksaan fisik.

Polisi telah menetapkan HS sebagai tersangka dan akan mengumumkan hasil lengkap mengenai pemeriksaan tersangka pada siang nanti.

"Sementara dendam. Habis Salat Jumat akan dirilis oleh Polda Metro setelah hasil labfornya keluar," ujar Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo dikutip dari detikNews.





Tonton juga 'Ada Dendam di Balik Pembunuhan Sekeluarga di Bekasi?':

[Gambas:Video 20detik]

(wdw/fds)