Minggu, 18 Nov 2018 16:11 WIB

Marc Marquez Diduga Keseleo Lagi, Kenapa Sampai Butuh Operasi?

Firdaus Anwar - detikHealth
Pembalap MotoGP Marc Marquez. Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images Pembalap MotoGP Marc Marquez. Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Jakarta - Sebelum bertanding malam nanti di sirkuit Valencia, Spanyol, pembalap MotoGP favorit Marc Marquez mengaku mengalami dislokasi atau keseleo pada bahu kirinya. Ini adalah kali kedua setelah sebelumnya Marquez juga keseleo pada bahu yang sama saat bertanding di Jepang bulan Oktober lalu.

"Ini adalah hal yang hanya bisa disembuhkan dengan operasi. Dari latihan minggu kemarin saya bisa merasakan ada gerakan dan rasa nyeri yang aneh. Bahu saya bergerak dengan aneh. Seperti cedera yang terus ada," kata Marquez seperti dikutip dari situs resmi MotoGP, Minggu (18/11/2018).

Mengapa keseleo sampai butuh operasi? Sebagian besar dari kita mungkin tidak terbiasa dengan hal ini karena kecenderungan di masyarakat kalau keseleo cukup dipijat tukang urut.


Spesialis olahraga dr Michael Triangto, SpKO, dari RS Kemayoran mengatakan keseleo bisa dibagi menjadi beberapa tingkat keparahan. Kalau keseleo masih ringan sekedar pijat mungkin cukup namun lebih dari itu maka perlu ada tindakan dari dokter.

"Kalau keseleo ringan, boleh ke tukang urut asal tidak ada perubahan bentuk, tidak panas dan digerakkan tidak sakit secara berlebihan. Jadi prinsipnya look (lihat), feel (rasakan) dan move (gerakkan)," kata dr Michael beberapa waktu lalu.

Bila keseleo terasa seperti ada sesuatu yang berpindah, tidak bisa digerakkan, membengkak dan berubah warna maka segera dibawa ke dokter. Ada kemungkinan terjadi sobekan pada otot atau ligamen yang perlu diperbaiki dengan pembedahan.

"Kalau cederanya baru, harus diistirahatkan dulu. Diberi es, ditenangkan diberikan obat supaya tidak banyak gerak, ditinggikan. Istilahnya Rest, Ice, Compression dan Elevation (RICE). Selama 2 x 24 jam tidak boleh di massage. Itu yang non-operatif, tapi kalau terjadi robekan fatal atau cedera yang benar-benar parah, saya akan rujuk ke dokter bedah tulang," pungkas dr Michael.


Saksikan juga video ' Momen Marquez Dislokasi Bahu saat Rayakan Gelar Juara ':

[Gambas:Video 20detik]

(fds/fds)
News Feed