Rabu, 21 Nov 2018 13:39 WIB

Menolak Vaksin, Ini yang Terjadi pada Warga North Carolina

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ilustrasi vaksin. Foto: Thinkstock Ilustrasi vaksin. Foto: Thinkstock
Jakarta - Negara bagian Amerika, North Carolina tengah dilanda wabah cacar air. Sebanyak 110 dari 188 siswa terkena cacar air ternyata tidak mendapat vaksin Data juga mencatat 36 siswa berasal dari sekolah Asheville Waldorf School.

"Ini adalah wabah cacar air terbesar di North Carolina yang diketahui pemerintah sejak vaksin ditemukan," kata juru bicara Departemen Kesehatan North Carolina dikutip dari BBC.


Data pemerintah North Carolina mengatakan, sebanyak 67,9 persen siswa taman kanak-kanak tidak mendapat vaksin cacar air. Dalam data 2017-2018 tersebut, orangtua umumnya menggunakan agama untuk menolak vaksin. Selain itu, wilayah Buncombe County tercatat sebagai areal dengan antivaksin tertinggi di Kota Asheville, North Carolina.

Pemerintah North Carolina dan sekolah sudah mewajibkan warganya mendapat vaksin cacar, rubela, dan gondok. Namun sekolah membolehkan orangtua tak memberi vaksin pada anaknya dengan alasan agama dan medis.

County Medical Director Jennifer Mullendore mengatakan, pihaknya mengawasi lekat perkembangan kasus cacar air di Kota Asheville, North Carolina. Pihaknya telah memastikan kerja sama dengan pihak sekolah terkait langkah yang hendak diambil pemerintah. Vaksin sampai saat ini masih menjadi cara paling efektif mencegah berbagai penyakit, salah satunya cacar air.

(Rosmha Widiyani/fds)
News Feed