Rabu, 21 Nov 2018 17:00 WIB

Hari Anak Sedunia, Ini 5 Cara Merawat Anak Tanpa Syarat

Niken Widya Yunita - detikHealth
Hari Anak Sedunia, Ini 5 Cara Merawat Anak Tanpa Syarat (Foto: iStock) Hari Anak Sedunia, Ini 5 Cara Merawat Anak Tanpa Syarat (Foto: iStock)
Jakarta - Hari anak sedunia dirayakan pada 20 November. Bagaimana cara merawat anak tanpa syarat?

Terkadang, anak memang susah diatur. Perlu cara-cara khusus agar merawat anak dengan cinta dan tanpa syarat.

Berikut 5 cara merawat anak tanpa syarat seperti dilansir psicology today.

1. Hargai Kelemahan Anak

Setiap anak memiliki sifat yang membutuhkan upaya khusus untuk dikelola. Tetapi akan lebih mudah jika kita ingat bahwa kelemahan dapat menjadi kekuatan. Misalnya, seorang anak mungkin sangat keras kepala dan kerap berdebat dengan orang tuanya untuk mendapatkan apa yang diinginkannya.

Sifat itu sulit untuk dipahami. Namun sisi lain dari sifat itu adalah ketekunan. Ketekunan dibutuhkan bila anak akan menjadi seorang ilmuwan, novelis, dan pengacara.

Orang tua dapat membantu memahami bahwa kegigihan anak adalah aset. Membantu anak-anak untuk mengenal dan mengelola diri agar mencapai tujuan terbaik adalah salah satu karunia yang paling bermanfaat yang dapat diberikan oleh orang tua pada anak.

2. Rangkul Anak

Kita menginginkan anak laki-laki tetapi malah mendapatkan seorang anak perempuan. Kita menginginkan anak yang pendiam dan kooperatif, tetapi malah mendapatkan anak yang aktif.

Anak pun akan merasakan apa yang orang tua inginkan. Salah satu solusinya adalah kita berdamai dengan apa yang ada. Dari situ, kita dapat merangkul anak.



3. Lihat Kesalahan Anak dari Sudut Pandang Anak

Orang tua selalu menganggap dirinya benar dan anak selalu salah. Tetapi kita bisa melihatnya dari sudut pandang anak.

Kenakalan anak selalu ada alasan, perasaan kesal, atau kebutuhan yang tidak terpenuhi. Ketika anak-anak 'berakting', mereka memberi tahu dengan satu-satunya cara yang mereka dapat lakukan bahwa mereka membutuhkan bantuan kita. Ketika kita melihat sesuatu dari sudut pandang anak kita, perilaku buruk tiba-tiba dapat dipahami dan dimaafkan.

4. Berempati

Empati adalah cinta tanpa pamrih dalam tindakan. Berempatilah pada anak dan ajak untuk mempercayai kita. Kemudian anak menceritakan masalahnya pada kita. Jadilah pendengar yang baik dan ajarkan mereka kecerdasan emosional.

5. Kelola Kemarahan Kita

Cinta tanpa syarat berarti bahwa anak merasakan cinta kasih tanpa harus melakukan apa pun. Apakah dia memukul adik perempuannya? Apakah dia berteriak, "Aku membencimu!" dan membanting pintu?

Apakah dia melemparkan mainan di kepalamu? Apakah dia melempar makanan di restoran? Sulit untuk merasakan cinta untuk anak-anak kita ketika mereka membuat kita pusing.

Kemarahan tidak akan mengajari anak. Ketika anak-anak bertingkah laku salah, intervensi yang paling efektif adalah menetapkan batasan yang tenang dan jelas. Dibutuhkan latihan untuk mengelola kemarahan kita.

Kelima cara ini akan membuat kita lebih dekat dengan anak. Anak pun akan merasa benar-benar dicintai tanpa syarat. Sudah siapkah kita menerapkan 5 cara itu?

(nwy/up)
News Feed