Sabtu, 24 Nov 2018 17:05 WIB

Totalitas Perangi Rokok, Bogor Juga Akan Larang Vape dan Sisha

Kireina Suci Cahyani - detikHealth
Deklarasi kawasan tanpa rokok di Lapangan Sempur Kota Bogor (Foto: Kirei/detikHealth) Deklarasi kawasan tanpa rokok di Lapangan Sempur Kota Bogor (Foto: Kirei/detikHealth)
Bogor - Pemerintah Kota Bogor akan tetap konsisten memerangi produk tembakau. Hal itu secara tegas disampaikan dalam deklarasi Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di Taman Sempur, Bogor, Sabtu (24/11/2018).

Bahkan, Walikota Bogor Bima Arya mengatakan bahwa kota ini melarang display penjualan segala macam jenis rokok di semua tempat tak terkecuali. Hal ini dinilai karena dapat memicu dan mempengaruhi anak muda untuk mencoba rokok.

Bima Arya juga memaparkan bahwa anak muda memang rentan sekali untuk mencoba-coba. Jadi untuk menjaga generasi penerus bangsa ini dari bahaya rokok, ia dan bersama pemkot Bogor akan terus meminimalisasi penggunaan rokok dan segala jenisnya terutama untuk anak muda.

"Ke depannya kita akan buat Perda KTR ini semakin konsisten dan tegas, tidak ada lagi sisha dan vape yang dihisap anak muda, apalagi itu dinilai lebih berbahaya dari rokok. Jadi sudah seharusnya kita lindungi anak-anak muda kita dari bahaya merokok," tegas Bima Arya dalam acara #TeuHayangRokok Festival, Bogor, (24/11/2018).

Walikota Bogor Bima Arya bersepeda bersama jajarannya.Walikota Bogor Bima Arya bersepeda bersama jajarannya. Foto: Kireina S. Cahyani/detikHealth




Sisha dan Vape dinilai anak muda sebagai alat pengalihan tidak merokok. Walaupun mereka mengatakan tidak merokok, namun efek dari dua jenis rokok tersebut nyatanya lebih berbahaya dari sekadar menghisap satu batang rokok konvensional.

"Saat ini juga sudah banyak sekali kasus orang yang tiba-tiba meninggal, memang terkait soal masalah jantung dan paru-paru. Setelah ditelusuri ternyata orang tersebut adalah perokok berat. Memang usia tidak ada yang tahu, namun kita harus tetap ikhtiar dengan menerapkan gaya hidup yang sehat," tutup Bima Arya saat diwawancarai detikHealth di Taman Ekspresi, Sempur, Bogor.

(up/up)
News Feed