Minggu, 25 Nov 2018 11:03 WIB

Dibanderol Rp 2,2 Per Sel, Sekali Terapi Bisa Pakai Belasan Juta Stem Cell

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi stem cell. Foto: thinkstock Ilustrasi stem cell. Foto: thinkstock
Jakarta - Terapi stem cell atau sel punca merupakan pengobatan yang bersifat meregenerasi sel yang nantinya akan berkembang dan beradaptasi menjadi sel lain sesuai kebutuhan pasien.

"Stem cell kayak kita reboisasi gunung yang gundul. Nanti dia bisa adaptasi menjadi sel lain, bisa jadi sel lemak, sel tulang, jantung, sehingga kalau ditumbuhkan di jantung maka dia menjadi sel jantung dan sebagainya," kata dr Rahyussalim, SpOT, UPT Teknologi Kedokteran Sel Punca, Sabtu (24/11/2018).

Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) menjadi pusat pelayanan, pengolahan, pendidikan, pengembangan dan penelitian sel punca. Hingga saat ini sudah 225 orang pasien yang telah mendapatkan pelayanan sel punca.

"Pelayanan tiap penyakit itu berbeda jumlah sel yang diberikan. Misalnya untuk glaukoma, kita berikan 2 juta sel. Ada juga yang membutuhkan 10 juta sel, tergantung dari penyakit pasien," tambahnya.


Untuk penyakit seperti jantung, menurut dr Salim, jumlah sel yang dibutuhkan bisa mencapai 30 juta sel. Kasus lain seperti patah tulang belakang atau kelumpuhan membutuhkan 15 juta sel bahkan lebih.

"Jadi untuk patokan harganya tidak bisa dipastikan karena jumlah sel yang dibutuhkan oleh tiap pasien sangat berbeda," pungkasnya.

(Khadijah Nur Azizah/up)