Minggu, 25 Nov 2018 13:00 WIB

Mengenal Panic Disorder, Gangguan Mental yang Diidap Mino 'WINNER'

Rosmha Widiyani - detikHealth
Member K-Pop 'Winner', Song Mino sering alami gangguan panik. (Foto: YG Entertainment)
Jakarta - Kehidupan selebriti tak pernah sepi dari sorotan publik, tak terkecuali Mino Winner. Namun kepopuleran penyanyi asal Korea Selatan ini ternyata berdampak buruk pada kesehatan mental.

Dikutip dari Soompi, Mino mengakui mengalami gangguan panik (panic disorder) saat tampil dalam acara Human Intelligence.Tuntutan selalu tampil sempurna dan memberi kesan positif telah membenani pikiran rapper ini.

"Di awal 2018, gangguan panik yang saya alami sangat parah. Sebelumnya saya tidak tahu ini adalah gangguan panik. Namun beberapa hal harus saya pikir dan lakukan hingga gangguan ini terjadi," katanya.



Selain idol, Mino dikenal sebagai penulis dan produser lagu. Hal ini menyebabkan tanggung jawab Mino di belakang layar televisi sangat besar. Mino mengatakan, gangguan panik yang dialaminya sudah membaik setelah berbicara dengan orang-orang di sekitarnya.

Higga kini belum diketahui penyebab pasti gangguan panik. Dikutip dari Web MD, penderita gangguan panik mungkin memiliki bagian otak yang sensitif terhadap rasa takut. Untuk mendiagnosis gangguan ini, dokter biasanya menilai riwayat kesehatan dan menanyakan seputar gejala serangan panik, misal deg-degan dan berkeringat.

Dokter biasanya menyarankan pasien menjalankan cognitive behavioral therapy bersama psikoterapis. Terapi ini membantu pasien mengubah perilaku dan pikiran tidak sehat, yang berisiko memicu serangan panik. Dokter biasanya juga meresepkan obat antidepresan atau anticemas untuk pasien. Obat antidepresan untuk konsumsi jangka panjang, sedangkan anticemas untuk sementara waktu.

(Rosmha Widiyani/up)