Senin, 26 Nov 2018 16:00 WIB

Jinjit Bisa Jadi Solusi Para Pejuang KRL yang Capek Berdiri

Ayunda Septiani - detikHealth
Jinjit bisa jadi olahraga yang tepat bagi para pengguna KRL di tengah padatnya gerbong. (Foto: Lamhot Aritonang) Jinjit bisa jadi olahraga yang tepat bagi para pengguna KRL di tengah padatnya gerbong. (Foto: Lamhot Aritonang)
Jakarta - Kereta Api Listrik (KRL) menjadi alat transportasi umum yang dipilih oleh banyak kalangan. Tidak heran jika KRL selalu penuh oleh penumpang yang akan berangkat-pulang kerja ataupun mereka yang mempunyai keperluan pribadi.

Karena hal tersebut kamu yang sering bepergian dengan KRL mungkin pernah mengalami tidak dapat tempat duduk dan terpaksa berdiri dikarenakan ramainya penumpang. Berdiri dari awal naik kereta hingga sampai ketempat tujuan, pastinya capek kan?



Kaki tentunya adalah anggota tubuh yang paling bisa terasa kena dampak setelah berdiri lama di KRL. Apalagi jika berdirl sambil memakai sepatu hak, otot kaki bisa jadi tegang.

Solusi menghadapi hal tersebut dengan olahraga seperti jinjit. Tujuannya untuk memperlancar peredaran darah di kaki.

Gerakan yang mudah serta tak memerlukan banyak tenaga ini sering diremehkan dan dilupakan oleh kebanyakan orang. Padahal, ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari jinjit.

"Kalau kita melakukan beberapa gerakan seperti jinjit beberapa kali di dalam KRL itu akan sangat bermanfaat. Karena begitu kita jinjit itu akan melancarkan sirkulasi darah pada kaki kita," kata ahli fisioterapi, Indra Lesmana, SKM, SFt.Mor saat dihubungi oleh tim detikHealth, Senin (26/11/2018).

Dengan melakukan gerakan seperti jinjit juga dapat menghilangkan capek pada betis dan paha, karena gerakan tersebut bisa merelaksasikan otot-otot yang tegang saat berdiri.

(fds/fds)
News Feed