Selasa, 27 Nov 2018 15:14 WIB

Tiap Tahun 100.000 Warga Inggris Meninggal Akibat Masalah Kejiwaan

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Pelayanan yang buruk menjadi faktor banyaknya pasien dengan gejala depresi meninggal dunia. (Foto: iStock) Pelayanan yang buruk menjadi faktor banyaknya pasien dengan gejala depresi meninggal dunia. (Foto: iStock)
Jakarta - National Health Security (NHS) atau keamanan kesehatan nasional akan mulai menyelidiki kematian lebih dari 100.000 pasien depresi dan kesehatan jiwa per tahun untuk mengurangi jumlah korban yang terkait dengan perawatan yang buruk.

Kematian pasien gangguan jiwa sudah menjadi masalah sejak 2015 silam. Terdapat sekitar 1.000 pasien autisme yang tidak mendapat penanganan yang serius dari tenaga kesehatan.

"Kami berharap ke depannya hal ini akan meningkatkan perawatan, menyelamatkan nyama dan meyakinkan teman-teman dan keluarga pasien yang memiliki kekhawatiran, pasien yang mengalami masalah kesehatan jiwa akan ditangani dengan baik," kata dr Adrian James, ahli psikiatri dari Devon Partnership NHS, dikutip dari The Guardian.

kese


Profesor kesehatan jiwa dari Manchester University mengatakan kejadian ini harus membuat para tenaga kesehatan belajar dari kesalahan. Entah itu dari akuntabilitas maupun layanan publik.

"Keluarga bisa menjadi sangat frustasi karena pengulangan kejadian ini. Kasus ini seperti pengulangan yang sama," ujarnya.

Kedepannya, para tenaga kesehatan harus lebih peka dalam melihat pasien yang mungkin telah mendapatkan perawatan yang buruk, terutama mereka yang memiliki gangguan bipolar dan gangguan makan.

Panduan telah dibuat oleh Royal Collage of Psychiatrist bersama NHS yang ingin mengubah sistem pelayanan untuk lebih meningkatkan kepercayaan pasien dan keluarga.

d
(up/up)
News Feed