Selasa, 27 Nov 2018 17:57 WIB

Leukopenia, Penyakit yang Timbul Jika Tubuh Kekurangan Sel Darah Putih

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Kekurangan sel darah putih sebabkan daya tahan tubuh menurun. (Foto: iStock)
Jakarta - Tubuh memiliki dua jenis sel darah, yakni sel darah merah dan putih. Sel darah merah berfungsi mengangkut oksigen ke organ dan jaringan tubuh sementara sel darah putih membantu untuk melawan infeksi.

Sel darah putih adalah bagian penting dari sistem kekebalan tubuh yang membantu melawan penyakit dan infeksi. Leukopenia terjadi ketika kandungan sel darah putih terlalu sedikit.

Dikutip dari MedicalNews, penyebab leukopenia bisa beragam, mulai dari masalah sumsum tulang, penyakit autoimun seperti lupus atau rheumatoid arthritis, serta adanya infeksi pada tubuh.

"Jika tubuh seseorang melawan infeksi, ini dapat mempengaruhi sel darah putih dalam tubuhnya. Mereka akan memiliki lebih sedikit jumlah sel darah putih di aliran darah," demikian dilaporkan situs tersebut.



Virus dapat mempengaruhi keadaan sumsum tulang yang menyebabkan kadar leukosit rendah. Infeksi darah dapat menyebabkan tubuh menggunakan sel darah putih lebih banyak dari biasanya. Terkadang, orang dengan HIV (Human Immunodeficiency Virus) juga mengalami kekurangan sel darah putih.

"Leukopenia akan menyebabkan tubuh menjadi tidak bisa melawan infeksi. Penderitanya akan terisolasi untuk sementara waktu dari lingkungan luar," jelas situs tersebut.

Adapun cara yang bisa dilakukan jika kekurangan sel darah putih adalah dengan kemoterapi. Cara yang lebih simpel yakni konsumsi makanan sehat, istirahat yang cukup, hindari luka dan goresan, serta terapkan kebiasaan hidup bersih.


(up/up)