Kamis, 29 Nov 2018 09:00 WIB

Menkes Sebut Rumah Sakit yang Baik Itu Bersih dan Bukan Bau Karbol

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Menkes Nila F Moeloek (Foto: Lamhot Aritonang) Menkes Nila F Moeloek (Foto: Lamhot Aritonang)
Jakarta - Sebuah rumah sakit sejatinya terlihat bersih dan selalu sehat, sesuai dengan tujuannya untuk menyehatkan baik pasien maupun yang menunggu. Menteri Kesehatan RI, Nila F Moeloek menyebutkan sebuah rumah sakit yang baik merupakan rumah sakit yang bersih dan tentu saja membuat baik penghuni maupun pengunjung terasa nyaman.

"Rumah sakit itu juga paling enak kalau kita sebagai pengunjung datang rumah sakit itu bersih. Baunya bukan bau karbol, baunya enak sekali," kata Nila pada acara Konferensi Nasional Promosi Kesehatan Rumah Sakit Ke-4 di Mercure Convention Centre Ancol, Jakarta Utara, Rabu (28/11/2018).

Nila menjelaskan penting wajah rumah sakit untuk ditampilkan tidak seperti rumah sakit, yang bagi beberapa orang lekat dengan kesan mengerikan. Misalnya dengan memberikan pot-pot bunga, kantin sehat, atau hiasan gorden yang tidak monoton berwarna hijau atau biru.

Ia juga menyebut menyebut rumah sakit "ditata" layaknya rumah sendiri bisa membuat lebih nyaman. Dan juga ruang tunggu yang bisa diatur sedemikian rupa agar lebih menyenangkan dan rileks seperti menggunakan kursi yang santai, disediakan mesin minuman (air, kopi, susu dan semacamnya).



Atau selain tampilan bisa juga disediakan hiburan, seperti alat musik piano. Yang bisa digunakan oleh siapapun, dengan harapan bermain musik dan mendengarkan alunannya dapat membantu meningkatkan kesehatan mental baik pasien maupun penjaganya menjadi lebih positif.

"Ini bagus ya karena menyebabkan kita yang datang tidak stres ataupun yang sakit juga tidak stres. Jadi pertama tentu bersih. Lalu bisa saja misalnya di RS Sardjito nggak perlu jauh-jauh, bisa sediakan kuliner soto atau gudeg di dalam rumah sakit," imbuh dia lagi.

Akhirnya diharapkan melalui hal-hal tersebut, promosi soal kesehatan juga bisa lebih bisa ditangkap oleh pasien maupun oleh keluarganya dan bisa ditularkan ke masyarakat. Mengubah perilaku masyarakat memang tidaklah mudah, lanjut Nila, namun mulai dari perilaku saja bisa mengubah seluruh pola pengobatan di rumah sakit.

"Jadi orang-orang berobat tuh bukan hanya kita pikirkan pengobatannya namun juga pikirkan risiko dia setelah sakit. Perlu kita beri banyak edukasi melalui promosi kesehatan, tidak hanya sekedar obat," tutup wanita berusia 69 tahun ini.


Menkes Sebut Rumah Sakit yang Baik Itu Bersih dan Bukan Bau Karbol
(frp/up)
News Feed