Jumat, 30 Nov 2018 13:34 WIB

Buku 'Self-Help' Milik Michael Jackson Dilelang Hingga 146 Juta Rupiah

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Buku psikologi milik raja pop Michael Jackson dilelang hingga capai 146 juta rupiah. Foto: Istimewa Buku psikologi milik raja pop Michael Jackson dilelang hingga capai 146 juta rupiah. Foto: Istimewa
Jakarta - Sebuah pelelangan atas buku psikologi 'self-help' milik mendiang raja pop Michael Jackson dihelat di London oleh Omega Auctions. Buku berjudul The 48 Laws of Power karya Robert Greene penuh dengan coretan-coretan Michael Jackson ini bisa mencapai harga 8 ribu poundsterling atau setara dengan 146 juta rupiah.

Buku berisi langkah-langkah memotivasi diri ini juga populer di kalangan selebriti seperti 50 Cent, Drake, Jay Z. Dalam buku tersebut, Michael menuliskan beberapa catatan kaki, menulis 'true' atau 'wow' pada beberapa paragraf.

Misal pada bagian ke-34 berjudul 'Be Royal in Your Own Fashion' yang mengadvokasikan diri untuk bersikap layaknya raja. Tertulis di situ Michael berkomentar bahwa 'kamu membuat lingkunganmu sendiri bahkan dengan cara di mana kamu diperlakukan dan dipandang'.


Atau ia menuliskan observasi filosofinya sendiri, misalnya 'The Moon comes every night so people don't care to look to the heavens'. Dan menulis menghina berarti melukai harga diri. Mendiang Michael sendiri dikenal memiliki trauma masa lalu yang kelam dan sedih.

"Michael terlihat sangat memerhatikan tulisan-tulisan pada buku tersebut, menandai banyak bagian dan bahkan menulis 'lakukan ini' di atas bagian yang merekomendasikan beberapa trik psikologis untuk mencegah berita buruk," demikian dilaporkan situs Daily Mail.

Juru bicara dari Omega Auction menyebutkan bahwa mereka sangat senang untuk menjual wawasan unik dari salah satu performer terkenal di dunia. Buku ini telah dimiliki dan dirawat dengan baik oleh seorang kolektor di Inggris sejak 2011.

(frp/up)
News Feed