Jumat, 30 Nov 2018 14:12 WIB

Sang Penyintas Kanker Sutopo PN Menang Penghargaan Internasional

Rosmha Widiyani - detikHealth
Penyintas kanker paru dan Kepala Pusat Data dan Humas BNPS Sutopo Purwo Nugroho. Foto: Ibnu Hariyanto/detikcom Penyintas kanker paru dan Kepala Pusat Data dan Humas BNPS Sutopo Purwo Nugroho. Foto: Ibnu Hariyanto/detikcom
Jakarta - Penyintas kanker paru-paru stadium IV sekaligus Kepala Pusat Data dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mendapat penghargaan internasional. Penghargaan untuk kategori The First Responders ini diserahkan media Singapura The Straits Times pada Kamis (29/11/2018).

"Saya berterima kasih atas penghargaan ini, yang sekaligus menjadi pencapaian BNPB dalam penanggulangan bencana. Semoga penghargaan ini dapat menginspirasi semua untuk bekerja sebaik-baiknya," kata Sutopo dalam pesan yang diterima detikHealth.


Sutopo saat ini masih menjalani berbagai upaya medis untuk menangani kanker paru. Penyakit kronis yang menggerogoti kesehatan, tak membuat Sutopo melupakan tugas utamanya. Sutopo tetap menginfokan berbagai bencana alam yang terjadi di seluruh Indonesia.

Dalam wawancara dengan detikHealth beberapa waktu lalu, Sutopo mengatakan hidup bukan soal lamanya seseorang tinggal di dunia. Lebih dari itu, hidup adalah melakukan kebaikan untuk sesama dan selalu berusaha yang terbaik. Keyakinan inilah yang memotivasi Sutopo melakukan tugasnya dengan baik.

Peran Sutopo mendapat sorotan luas saat kejadian gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. Atas baktinya, Sutopo sempat berbincang langsung dengan Presiden Joko Widodo. Sutopo juga masuk sebagai finalis Aparatur Sipil Negara (ASN) Inspiratif 2018.

(Rosmha Widiyani/up)
News Feed