Sabtu, 01 Des 2018 10:03 WIB

Cerita Indro Warkop Soal Istrinya yang Meninggal karena Kanker Paru

Kireina S. Cahyani - detikHealth
Indro Warkop. Foto: Repro @indrowarkop_asli Indro Warkop. Foto: Repro @indrowarkop_asli
Jakarta - Dalam sebuah acara peringatan Bulan Peduli Kanker Paru Sedunia, Indro Warkop menjelaskan betapa bahayanya rokok untuk tubuh. Indro mengaku bahwa almarhumah istri tercintanya, Nita Octobijanthy, merupakan seorang perokok aktif. Indro pun mengaku sebelumnya ia juga seorang perokok, namun jauh sebelum istrinya terdiagnosis mengidap kanker ia sudah berhenti menghisap rokok.

"Saya sudah tahu rokok itu berbahaya, makanya saya selalu bilang merokok adalah hal terbodoh di hidup saya yang pernah saya lakukan," tutur Indro saat ditemui detikHealth di kawasan Kuningan baru-baru ini.

Indro menjelaskan awal mula istrinya mengidap penyakit paru itu tak main-main, karena istri tercintanya itu langsung terdiagnosis kanker paru-paru stadium 4. Ternyata memang tidak ada gejala khasnya untuk penyakit ini. Memang kita sendiri yang harus menghindari faktor-faktor risikonya.


Ahli kanker dari RS Dharmais, dr Evlina Suzanna, SpPA (K) dalam acara yang sama, mengatakan bahwa sekitar 85 hingga 95 persen penyebab utama kanker paru berhubungan dengan kebiasaan merokok. Hal ini tentunya memperkuat dari bukti nyatanya istri Indro yang notabene adalah seorang perokok. Lalu Evlina pun mengatakan bahwa gejala yang diderita pengidap kanker paru itu tidak ada yang spesifik. Oleh sebab itu ia sangat menekankan pentingnya deteksi dini pada kesehatan paru.

Lalu Indro kembali menceritakan bagaimana istrinya mengalami itu semua.

"Memang awalnya istri saya batuk, lalu saya bawa ke THT 'kan dan itu sempat sembuh. Namun tak lama batuknya ada lagi bahkan semakin parah hingga membuatnya keram perut dan memaksa istri saya untuk dibawa ke IGD," ujar Indro.

Berbagai pengobatan pun dijalani istri Indro, mulai dari radiasi rutin, kemoterapi, dan meminum obat-obat berbagai jenis. Selama proses ini pun Indro mengaku selalu berusaha untuk menyemangati istrinya dalam keadaan apapun. Indro pun tiada hentinya untuk selalu membuat istrinya menjadi sosok yang pemberani. Hingga akhir hayatnya Indro bersama keluarga selalu memberikan dukungan untuk ibu dari anak-anaknya ini.

"Saya selalu support istri saya, dari yang tadinya penakut hingga menjadi pemberani. Saya juga selalu mengingatkan kepada istri saya, bahwa saya akan selalu bersama dengan dia untuk melewati hal ini," tutup Indro setelah menceritakan perjuangan istrinya.


Saksikan juga video ' Istri Terserang Kanker Paru, Indro Warkop Setia Menemani ':

[Gambas:Video 20detik]

Cerita Indro Warkop Soal Istrinya yang Meninggal karena Kanker Paru
(Kireina S. Cahyani/up)