Sabtu, 01 Des 2018 18:05 WIB

Kemesraan George HW Bush dan Istri, Tutup Usia Hampir Bersamaan

Rosmha Widiyani - detikHealth
Almarum George H.W. Bush bersama mendiang istrinya, Barbara Bush. (Foto: REUTERS/Larry Downing) Almarum George H.W. Bush bersama mendiang istrinya, Barbara Bush. (Foto: REUTERS/Larry Downing)
Jakarta - Presiden ke-41 Amerika George HW Bush meninggal di usia 94 tahun pada Jumat (30/11/2018). Sebelumnya, sang istri Barbara Bush berpulang di usia 92 tahun pada (17/04/2018). Keduanya kembali bersama hanya dalam hitungan bulan.

Menghabiskan waktu bersama selama 73 tahun, George dan Barbara dikenal sebagai pasangan yang mesra. Bush Senior bahkan sempat dilarikan ke rumah sakit satu hari usai pemakaman sang isteri, karena mengalami infeksi yang menyebar hingga darah.

"Kakek selalu mengucapkan I Love You Barbie setiap malam kepada nenek," kata salah satu cucu pasangan George dan Barbara, Jenna Bush Hager, dikutip dari situs Southern Living.



Barbara tutup usia setelah sebelumnya berjuang menghadapi Chronic obstructive pulmonary Disease (COPD). Penyakit ini menghalangi aliran udara dalam sistem pernapasan dengan gejala sulit bernapas, batuk, dan berdahak. Barbara menutup mata sambil menggenggam tangan George di rumahnya di Houston.

Sementara George sudah berulang kali masuk rumah sakit sejak meninggalnya Barbara. Kondisi kesehatannya terus menurun sebelum akhirnya berpulang. George dikabarkan mengalami Parkinson yang mengharuskannya menggunakan kursi roda. Pasangan George dan Barbara dianugerahi 6 anak, 17 cucu, dan 7 cicit.

(fds/fds)