Senin, 03 Des 2018 07:00 WIB

Mendengkur Ketika Tidur Bisa Memperburuk Kondisi Jantung Bagi Wanita

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Wanita yang ngorok saat tidur berisiko terkena penyakit jantung lebih tinggi dari pria. (Foto: iStock) Wanita yang ngorok saat tidur berisiko terkena penyakit jantung lebih tinggi dari pria. (Foto: iStock)
Jakarta - Mendengkur atau ngorok mengacu pada kebiasaan seseorang saat tidur. Nggak jarang kebiasaan ini dianggap sepele, padahal mendengkur adalah salah satu tanda penyakit jantung.

Kondisi ini mempengaruhi pola pernapasan saat tidur yang menyebabkan aliran oksigen berkurang. Sebagian orang yang mendengkur dengan keras juga alami obstructive sleep apnea (OSA) atau apnea tidur obstruktif atau napas yang seringkali terhenti ketika tidur.

Sebuah studi baru yang dipresentasikan pada Radiological Society of North America, Chicago, mendengkur dan apnea tidur menyebabkan gangguan fungsi jantung pada wanita lebih besar daripada pria.



"Kami menemukan bahwa parameter jantung pada wanita tampaknya lebih mudah dipengaruhi oleh penyakit dan wanita yang mendengkur atau memiliki apnea tidur beresiko lebih besar terkena penyakit jantung," kata peneliti Dr. Adrian Curta, dikutip dari Medical News Today.

Curta, sapaannya, mendesak mereka yang mendengkur saat tidur khususnya wanita untuk mencari pengobatan. Ia mendorong para pasangan untuk mengamati pola tidur satu sama lain khususnya ketika mereka memiliki kebiasaan mendengkur.

"Jika tahu memiliki kebiasaan mendengkur, ada baiknya meminta pasangan untuk mengamati polanya dan melihat apakah terjadi penghentian napas untuk sementara waktu," tutupnya.


Mendengkur Ketika Tidur Bisa Memperburuk Kondisi Jantung Bagi Wanita
(Khadijah Nur Azizah/up)
News Feed