Senin, 03 Des 2018 08:00 WIB

Bahaya Kesehatan Ini Mengintai Jika Tak Bersihkan Kepala Shower

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Tidak membersihkan kepala shower secara rutin dapat menyebabkan infeksi paru. (Foto: Thinkstock) Tidak membersihkan kepala shower secara rutin dapat menyebabkan infeksi paru. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Apakah kamu orang yang rajin membersihkan bagian kepala shower? Jika tidak, mungkin kini kamu harus pertimbangkan untuk rutin membersihkannya. Organisme bakteri berbahaya yang disebut mycobacteria bisa jadi 'penghuni' bagian tersebut.

Mycobacteria dapat menyebabkan infeksi paru nontuberculous mycobacterial (NTM) dan kepala shower sering menjadi salah satu media penularan penyakit tersebut. Organisme ini secara alamiah ada di tanah dan air, namun infeksi terjadi lewat inhalasi.



"Yang dikhawatirkan adalah proses aerosolisasi yang ditimbulkan oleh kepala shower. Kita bernapas di dalam kamar mandi dan berpotensi besar menghirup organisme-organisme ini, dan begitulah caranya mereka bisa sampai paru-paru," kata DrBarbara Keber, MD, dari Northwell Health's Glen Cove Hospital di New York, dikutip dari Healthline.

Infeksi paru NTM memiliki gejala seperti batuk kronis atau terus-menerus, penurunan berat badan, demam dan kekurangan energi. Walau memang berpotensi jadi 'kandang' bakteri, namun tidak serta-merta menggunakan shower dapat membuat seseorang sakit.

Dr Len Horovitz, spesialis paru dari Lenox Hill Hospital di New York City menyebutkan ada faktor masalah sistem imun yang bisa membuat seseorang berisiko terkena infeksi ini. Terutama yang memiliki masalah pernapasan. Berita bagusnya, penyakti ini masih dapat diobati dan disembuhkan.

Sebagai tindakan pencegahan, bersihkan dengan merendamnya di larutan cuka dan air, asamnya cuka dapat berfungsi sebagai agen antibakteri. Bersih dan cuci secara rutin dan ganti bila diperlukan.



Bahaya Kesehatan Ini Mengintai Jika Tak Bersihkan Kepala Shower
(up/up)
News Feed