Jumat, 07 Des 2018 09:30 WIB

Yuk Dicek! Bentuk Feses Seperti Ini Menandakan Gejala Konstipasi Kronis

Kireina S. Cahyani - detikHealth
Jenis feses menandai kondisi kesehatan tertentu. (Foto: iStock) Jenis feses menandai kondisi kesehatan tertentu. (Foto: iStock)
Jakarta - Sembelit atau sulit buang air besar (BAB) berhari-hari ternyata perlu diwaspadai. Bahkan seseorang yang rutin buang air besar sekalipun dapat mengidap penyakit serius konstipasi kronis bila disertai ciri-ciri tertentu.

Berdasarkan penelitian, seseorang yang mengalami konstipasi kronis ini berisiko 1,78 kali lipat lebih besar mengalami kanker usus besar. Serta 2,78 kali lipat lebih besar terhadap terbentuknya tumor jinak pada usus besar.

Konsultan kesehatan saluran cerna RS Cipto Mangunkusumo (RSCM), Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, SPPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, menyebut ada 2 hal yang perlu diamati. Yakni bentuk kotoran dan waktu BAB.

Apabila seseorang yang buang air besar setiap hari namun bentuknya seperti kotoran kambing atau seseorang yang buang air besar seperti pisang, lembut namun hanya dua hari sekali, hal tersebut menunjukkan ada yang tidak beres.



"BAB yang normal itu paling lambat 2 hari sekali, kalau sudah 3 hari sekali, itu sudah tidak normal dan berisiko terjadinya kronik konstipasi," jelas dr Ari yang juga dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), saat ditemui detikHealth di kawasan Salemba, Jakarta Pusat, Kamis (6/12/2018)

Menurut dr Ari kebiasaan-kebiasaan seperti ini memang banyak yang tidak disadari oleh masyarakat, karena kebanyakan hanya melihat frekuensi buang air besarnya saja tanpa memperhatikan bentuk kotoran yang dikeluarkannya.

"Hal-hal tersebut tentunya dapat kita cegah, dengan mengonsumsi banyak serat, banyak bergerak dan olahraga, serta minum air mineral secukupnya," tutup dr Ari.




Tonton juga 'Yuk Dicek! Bentuk Feses Seperti Ini Menandakan Gejala Konstipasi Kronis':

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)
News Feed