Jumat, 07 Des 2018 12:34 WIB

Ingin Tahu Punya Risiko Sakit Jantung? Lakukan Tes Naik Tangga

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Tes naik tangga bisa beritahu risiko penyakit jantung. Foto: Thinkstock Tes naik tangga bisa beritahu risiko penyakit jantung. Foto: Thinkstock
Jakarta - Ada banyak tes yang bisa dilakukan untuk melihat risiko penyakit jantung. Nggak harus di rumah sakit lho, ada tes sederhana yang bisa dilakukan sendiri: tes naik tangga.

Para ilmuwan di University Hospital A Coruna di Spayol mengungkap kondisi jantung seseorang bisa dicek dari kemampuannya saat naik tangga. Untuk bisa dikatakan sehat bugar, empat susun anak tangga harus bisa ditempuh dengan waktu kurang dari semenit nonstop!

Bisa melakukan hal itu, tandanya fungsi jantung dalam kondisi baik. Jika gagal, maka harus lebih rajin olahraga.



"Aktivitas fisik memiliki efek positif bagi tekanan darah dan lemak, mengurangi radang dan meningkatkan sistem imun terhadap tumor," kata Dr Jesus Peteiro yang memimpin riset tersebut, dikutip dari Today.com.

Dalam penelitian ini, Dr Peterio melibatkan 12.615 relawan dengan dugaan penyakit arteri koroner. Level 'perjuangan' mereka dalam menaiki anak tangga diukur dengan MET atau metabolic equivalents. Intensitas ringan ditunjukkan dengan MET di bawah 3, intensitas sedang antara 3-6, dan berat di atas 6 MET.



(wdw/wdw)
News Feed