Jumat, 07 Des 2018 14:35 WIB

Sulit BAB? Coba Tips Mudah Ini untuk Melancarkannya

Kireina S. Cahyani      - detikHealth
Ilustrasi sulit BAB. Foto: thinkstock Ilustrasi sulit BAB. Foto: thinkstock
Jakarta - Siapa yang pernah mengalami susah buang air besar (BAB)? Pasti hampir semua orang pernah mengalaminya. Mulai dari makan buah-buahan seperti pepaya, hingga minum obat pencahar dilakukan demi melancarkan BAB.

Dokter ahli saluran cerna, dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH membagikan tips mudah dan alami supaya BAB setiap harinya tetap lancar jaya.

"Kalian nih wajib banget sehari melangkah itu 6.000, kan sekarang sudah ada aplikasinya memudahkan kan untuk melakukan pengecekannya atau jalan sehari minimal 30 menit. Hal ini selain membuat tubuhmu tetap bugar, tentu saja akan melancarkan proses buang air besar, karena kamu banyak bergerak," tutur dr Ari saat diwawancarai detikHealth, Kamis (6/12/2018).



Selain berjalan kaki, dr Ari juga menganjurkan semua orang untuk mencukupi asupan air, yaitu sekitar dua liter dalam sehari. Kemudian konsumsi buah dan sayur juga sangat penting untuk kelancaran BAB.

"Semaksimal mungkin untuk mencukupi kandungan serat kalian, apabila dalam keadaan darurat diperbolehkan saja menggunakan obat pencahar yang tipenya berfungsi untuk melunakkan feses. Jangan sering gunakan obat yang tipenya merangsang usus kita untuk bekerja keras, hal tersebut tentunya tidak baik untuk kesehatan usus kita karena nantinya justru usus kita malah tidak mau bekerja akibat efek obat tersebut," jelasnya.

dr Ari juga memperingatkan untuk tidak menganggap sepele kondisi susah BAB atau sembelit. Karena terkadang, sembelit bisa jadi suatu gejala dari kanker usus atau penyakit kronis lainnya. Bila dalam tiga hari BAB tidak normal, patut diwaspadai dan segera memeriksakannya ke dokter.

(wdw/wdw)
News Feed