Jumat, 07 Des 2018 17:47 WIB

Paparan Kimia dari Panci Anti Lengket Diklaim Bikin Penis 'Menciut'

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi wajan anti lengket. Foto: iStock Ilustrasi wajan anti lengket. Foto: iStock
Jakarta - Orang tua atau istri di rumah kerap gunakan panci dan wajan anti lengket? Ternyata para ilmuwan menemukan bahan kimia di dalam peralatan itu dapat mengganggu hormon pria dan menyebabkan penis 'menciut'.

Dikutip Daily Mail, bahan kimia yang ada di panci anti lengket itu adalah perfluorinated chemicals atau PFC. Bahan kimia yang juga kerap ditemukan pada pakaian tahan air dan kemasan makanan ini jika masuk ke dalam aliran darah dapat mengurangi kadar hormon testosteron.



Para ilmuwan dari Universitas Padua di Italia meneliti ukuran penis dari 383 pria dengan usia rata-rata 18 tahun, dan menemukan bahwa pria muda yang tumbuh di daerah tercemar PFC memiliki ukuran penis 12,5 lebih pendek dan 6,3 persen lebih kecil dibandingkan ukuran normal.

"Studi ini mendokumentasikan bahwa PFC memiliki dampak besar pada kesehatan laki-laki karena mereka secara langsung mengganggu jalur hormonal yang berpotensi menyebabkan infertilitas pria," kata peneliti utama, Dr Andrea Di Nisio.

Bukan hanya memengaruhi ukuran penis pria, PFC ini juga menyebabkan kualitas sperma menjadi kurang sehat. Juga membuat jarak yang lebih pendek antara skrotum dan anus, yang menandakan ketidaksuburan pria.

Pada tahun 2013, pemakaian PFC dilarang pada peralatan masak atau makan karena dampak yang tidak sehat. Bagi perusahaan yang masih menggunakan bahan kimia ini akan didenda sebesar 671 juta dollar Amerika atau setara dengan 9,7 triliun rupiah.



(wdw/kna)
News Feed