Sabtu, 08 Des 2018 10:48 WIB

Mau Ngemil Sehat? Pilih Snack yang Terbuat dari Gandum Utuh

Nabilla Putri - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Siapa bilang ngemil menjadi momok yang menakutkan? Faktanya, ngemil juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Namun dengan catatan, ketahui takaran dan camilan apa yang dikonsumsi.

Medical Advisor Kalbe Nutritionals, dr. Ervina Hasti W mengungkapkan hal yang membuat kebiasaan ngemil tidak baik adalah jenis makanan yang dikonsumsi. Selain itu, porsi dari makanan yang dikonsumsi terkadang terlalu banyak sehingga tubuh menerima kalori lebih banyak.

"Konsep camilan yang sehat adalah membagi kebutuhan kalori harian dalam porsi yang lebih kecil. Sehingga meskipun ngemil, kita tetap harus menjaga kalori makanan agar tidak berlebihan dari kebutuhan harian," ujar dr. Ervina kepada detikHealth, Kamis (6/12/2018).



Ngemil juga bisa memberikan tubuh ragam gizi yang diperlukan. Maka dr. Ervina menyarankan agar memilih camilan yang sehat dan rendah kalori.

"Camilan sehat dan rendah kalori bisa memberikan beberapa manfaat seperti mencegah lapar di antara jam makan besar, gula darah lebih stabil, menghindarkan kita dari makan yang terlalu berlebihan dan banyak, serta tubuh bisa mendapatkan berbagai zat gizi," jelasnya.

dr. Ervina menyarankan untuk memilih camilan yang mengandung serat seperti gandum utuh yang sehat dan nikmat. Faktanya, gandum memiliki kandungan serat yang tinggi serta mengandung berbagai macam vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya.



Selain itu, gandum juga bisa mencegah tubuh menyerap kolesterol jahat dan menurunkan tekanan darah. Sehingga mengonsumsi gandum dapat membantu seseorang terhindar dari risiko penyakit jantung.

Bagi yang sedang diet, gandum juga memiliki manfaat mengontrol berat badan karena memberikan rasa kenyang lebih lama.

Camilan yang terbuat dari gandum bisa ditemukan pada Fitchips. Camilan ini dibuat dari gandum utuh, oat, dan quiona yang kaya serat dan tanpa MSG.



Tonton juga ' Resep Kiwi Sticky Rice, Camilan Sehat Pencegah Demam ':

[Gambas:Video 20detik]

Mau Ngemil Sehat? Pilih Snack yang Terbuat dari Gandum Utuh
(mul/mpr)
News Feed