Selasa, 11 Des 2018 10:22 WIB

Malas Olahraga Banget? Bakat 'Mager' Terekam di DNA

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Sebagian orang yang malas olahraga mungkin memiliki perbedaan pada DNA (Foto: thinkstock) Sebagian orang yang malas olahraga mungkin memiliki perbedaan pada DNA (Foto: thinkstock)
Jakarta - Olahraga rutin dan terprogram adalah syarat utama hidup sehat dan bugar. Sayangnya bagi sebagian orang, rutinitas olahraga bagaikan siksaan perih saking malasnya bergerak alias mager.

Orang-orang yang malas olahraga kini bisa menyalahkan DNA (Deoxyribo Nucleic Acid), yakni material genetik yang ada di dalam tubuh. Menurut sebuah penelitian terbaru, seseorang yang malas olahraga punya perbedaan struktur DNA.

Pengamatan pada 90.000 orang mengkonfirmasi hal itu. Para ilmuwan di Oxford University yang melakukan penelitian tersebut membandingkan DNA pada orang yang aktif bergerak dan yang malas-malasan.



Hasilnya, ditemukan ada 14 gen penyusun DNA yang berhubungan langsung dengan inactivity atau kurang gerak. Temuan ini memberi petunjuk apakah gen membuat seseorang obesitas lalu jarang bergerak, atau sebaliknya membuat orang malas bergerak lalu jadi obesitas.

"Bagaimana dan mengapa kita bergerak tidak semuanya terkait gen. Tapi memahami peran gen bisa meningkatkan pemahaman tentang sebab dan konsekuensi malas gerak," jelas Dr Aiden Doherty yang memimpin penelitian tersebut, dikutip dari Dailymail, Selasa (11/12/2018).

Kurang gerak, selain dikaitkan dengan risiko obesitas, juga merupakan faktor risiko berbagai penyakit kronis berbahaya. Termasuk di antaranya diabetes tipe 2 serta berbagai masalah jantung dan pembuluh darah.




Simak juga video 'Gemar Olahraga? Hati-hati Overtraining!':

[Gambas:Video 20detik]

(up/fds)