Selasa, 11 Des 2018 14:28 WIB

Olahraga Apa yang Paling Bikin Panjang Umur? Studi Sebut Tenis

Firdaus Anwar - detikHealth
Olahraga paling bikin panjang umur. Foto: Getty Images Olahraga paling bikin panjang umur. Foto: Getty Images
Jakarta - Olahraga apa yang paling baik untuk bisa panjang umur? satu studi terbaru yang dipublikasi di jurnal Mayo Clinic Proceedings mungkin bisa memberi petunjuk. Menurut peneliti, tenis bisa jadi olahraga yang paling berdampak 'memberikan' umur panjang.

Pemimpin studi dr Peter Schnohr mengetahuinya setelah memeriksa data 25 tahun dari 9.000 orang di Copenhagen Heart Study. dr Peter membagi data peserta ke dalam delapan kelompok yaitu mereka yang olahraga tenis, badminton, sepak bola, bersepeda, renang, joging, kalistenik, dan gym setelah itu dibandingkan rata-rata panjang umurnya.


Diketahui bahwa orang-orang yang olahraga tenis memiliki peningkatan angka harapan hidup paling panjang di antara kelompok lain yaitu sekitar 9,7 tahun, diikuti oleh badminton 6,2 tahun, dan sepak bola 4,7 tahun. Peneliti sebelumnya sudah memperhitungkan faktor lain seperti kebiasaan merokok, umur, jenis kelamin, penghasilan, dan status edukasi.

Mengapa tenis memberikan manfaat peningkatan angka harapan hidup yang paling panjang? dr Peter belum menemukan jawaban pasti namun menurutnya kemungkinan ini berkaitan dengan aspek sosial yang diberikan olahraga tersebut.

"Para pemain tenis, mungkin mereka usai latihan menghabiskan waktu bersama minum-minum. Ya minimal olahraga ini memerlukan dua orang," kata dr Peter seperti dikutip dari ABC Australia, Selasa (11/12/2018).

Olahraga yang dilakukan bersama teman dalam beberapa studi lain memang dibuktikan bisa lebih bermanfaat. Ini karena ada kebutuhan sosial yang juga jadi terpenuhi membuat olahraga terasa menyenangkan dan stres terkelola dengan baik.

(fds/up)
News Feed