Kamis, 13 Des 2018 16:45 WIB

Rokok Hingga Seks Oral, Kenali 7 Faktor Risiko Utama Kanker Mulut

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Halaman 1 dari 8
Meski jarang, kanker mulut tetap perlu diwaspadai (Foto: Thinkstock) Meski jarang, kanker mulut tetap perlu diwaspadai (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, kanker mulut mencapai sekitar 5,6 persen kasus dari keseluruhan kasus kanker di Indonesia. Walau masih terhitung kanker yang cukup jarang, namun dengan mempertimbangkan faktor risikonya yang terkait dengan gaya hidup, diperkirakan angkanya akan meningkat.

"Tidak ada satupun kanker yang disebabkan oleh satu faktor saja, selalu sifatnya multifaktorial. Satu faktor dengan faktor lainnya akan berinteraksi dalam waktu tertentu untuk menghasilkan satu kelainan yang dapat dilihat secara klinis," tutur Ketua Ikatan Spesialis Penyakit Mulut Indonesia (ISPMI), drg Rahmi Amtha, MDS, SpPM, PhD, pada acara Cegah Kematian Akibat Kanker Rongga Mulut dengan Deteksi Dini Lesi Pra Kanker di DLab Cocowork, Jakarta Pusat, Kamis (13/12/2018).



Pada tahun 2013, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan 3 hal yang menjadi faktor risiko utama dalam penyakit kanker mulut, yakni tembakau, alkohol dan buah pinang (menyirih). Bersamaan dengan ketiga hal tersebut, dr Rahma juga memaparkan 4 hal lainnya yang jadi faktor risiko: (frp/up)
News Feed