Jumat, 14 Des 2018 14:33 WIB

Bikin Kagum, Presenter Asal Korea Lanjutkan Tugas Meski Mimisan

Rosmha Widiyani - detikHealth
Seorang pria mengalami mimisan hingga harus menyumpal hidungnya. Foto: Thinkstock Seorang pria mengalami mimisan hingga harus menyumpal hidungnya. Foto: Thinkstock
Jakarta - Profesionalisme presenter SpoTV asal Korea Selatan Jo Hyun Il mengundang kagum warganet. Jo melanjutkan tugasnya memandu pertandingan basket National Basket Association (NBA) meski mengalami mimisan. Gambar Jo yang mengalami mimisan diunggah dalam akun Twitter SpoTV bertanggal (06/12/2018).

Dalam unggahan tersebut, Jo terlihat tenang saat darah mulai mengucur melewati lubang hidung. Jo baru tampak panik saat tangannya menyeka darah yang telah melewati bibir dan dagu. Dalam unggahan berbahasa Korea yang diartikan Microsoft, SpoTV menyebut Jo mempertahankan sikap profesional selama megalami mimisan. Sikap Jo mengundang rasa kagum rekannya yang ditunjukkan dengan mimik priceless.


Jo mengatakan, mimisan tersebut adalah yang pertama terjadi di hidupnya. Dalam wawancara dengan surat kabar Joongang Ilbo yang dikutip situs penggemar basebaal MyKBO.net, Jo mengucapkan terima kasih atas perhatian yang diperoleh dari warganet dan penonton televisi. Sementara SpoTV menyatakan, tidak memperkerjakan Jo lebih dari jam kerja sesuai yang ditetapkan pemerintah Korea.

Dikutip dari situs National Health Security (NHS), mimisan atau epistaksis bisa terjadi pada satu atau kedua lubang hidung. Pendarahan terjadi akibat perbedaan suhu atau kelembaban antara dalam dan luar hidung, hingga menyebabkan hidung kering dan mudah terluka. Sebab lainnya adalah ada luka atau menghembuskan napas terlalu keras lewat hidung.

Mimisan biasanya tidak menandakan gejala serius sehingga tak perlu dikhawatirkan. Orang yang sedang mimisan, sebaiknya segera menekan areal tepat di atas lubang hidung selama 10-15 menit untuk menghentikan pendarahan. Selanjutnya, napas diambil lewat mulut untuk membantu darah yang keluar lekas kering. Bila darah terus keluar selama 20 menit, sebaiknya segera memanggil bantuan medis untuk menekan risiko kehilangan darah terlalu banyak.




Simak juga video 'Anak Mimisan? Jangan Mendongak!':

[Gambas:Video 20detik]

(Rosmha Widiyani/up)