Sabtu, 15 Des 2018 12:03 WIB

Perut Sering Kram Saat Berlari, Coba Ikuti Saran Ahli

Kireina S. Cahyani - detikHealth
Kram perut ketika jogging terjadi akibat kurang warming up. (Foto: iStock)
Jakarta - Olahraga menjadi bagian dari gaya hidup sehat. Salah satunya adalah jogging, kegiatan fisik satu ini merupakan salah satu olahraga yang paling diminati masyarakat.

Jogging merupakan olahraga paling mudah untuk dilakukan karena bisa dilakukan tanpa memerlukan alat khusus serta bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun.

Namun nyatanya banyak yang mengeluhkan hal yang tidak menyenangkan saat jogging, yakni perut yang terasa sakit dan kram.

"Biasanya kram perut ini terjadi akibat kurang warming up, otot-otot yang sudah lama tidak digerakkan itu kaget," jelas praktisi fisioterapis, S Rujito saat dijumpai detikHealth di kawasan Senen, Jakarta Pusat, Kamis, (13/12/2018).



Menurut Ito jogging sangat bermanfaat untuk kesehatan karena bisa menguatkan otot-otot, persendian, dan tulang. Namun hal yang perlu diperhatikan ini adalah persoalan yang memang biasa terjadi terutama saat mereka baru lagi melakukan aktivitas fisik ini, yaitu kram perut.

"Untuk mengatasinya, usahakan untuk melakukan easy run terlebih dahulu, lalu jangan lewatkan tahapan warming up, bila tidak hafal urutannya yang penting gerakan anggota tubuh yang mau digunakan berlari, itu yang mudahnya," pungkas Ito.



Tonton juga video 'Olahraga Ini Cocok Buat Kamu yang Overweight!':

[Gambas:Video 20detik]

Perut Sering Kram Saat Berlari, Coba Ikuti Saran Ahli
(up/up)