Sabtu, 15 Des 2018 14:06 WIB

Baru Rajin Olahraga Saat Usia Sudah Tidak Lagi Muda, Aman Nggak Sih?

Kireina S. Cahyani - detikHealth
Ilustrasi seorang wanita sedang olahraga. Foto: ilustrasi/thinkstock Ilustrasi seorang wanita sedang olahraga. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Saat masuk di usia lanjut terkadang banyak sebagian orang yang terus ingin melakukan kegiatan-kegiatan fisik agar tetap bugar meski dalam proses menua. Tak jarang juga banyak yang ketika remaja belum serius olahraga dan baru ingin mencoba untuk rutin melakukannya di usia yang tak lagi muda.

Namun bolehkah tetap melakukan aktivitas fisik saat memasuki lansia?

"Tidak ada batasan limit usia untuk selalu bergerak. Yang penting untuk perlu diperhatikan saat di usia lanjut itu bagaimana kita memulainya," tutur Founder dan Senior Fisioterapis EvoPhysio.id, S. Rujito.


Menurut praktisi fisioterapis Ito ini untuk terus aktif bergerak dan berolahraga dapat dilakukan oleh siapapun tanpa batasan waktu. Bahkan untuk yang sudah berumur namun sejak muda belum pernah melakukan exercise pun tentu boleh saja. Namun yang perlu diperhatikan itu tahapan awal untuk memulainya.

"Bisa mulai yang ringan-ringan saja, jangan terlalu memforsir berat. Intensitasnya juga perlu perhatikan, usahakan ya dari yang seminimal mungkin, bila sudah mulai terbiasa, boleh ditingkatan sedikit demi sedikit intensitasnya, karena bila langsung diforsir nanti kaget. Perlu diingat juga kekuatan otot dan tulang pun sudah tidak akan seprima dulu," jelas Ito saat ditemui detikHealth, di acara Sitting is a New Smoking, EvoDay, (13/12/2018).

Ito juga menuturkan bahwa olahraga ini akan membuat badan seseorang menjadi sehat dan bugar, terutama untuk yang memasuki usia lanjut.

"Tentu sangat bermanfaat karena saat bertambah usia namun tetap rutin berolahraga, sangat baik untuk kesehatan otak. Tubuh pun akan jauh lebih bugar ketika menua. Jadi bila saat muda tidak pernah olahraga, tapi di umur 40-an baru mau coba, tidak ada masalah, yang perlu diingat itu ya harus bertahap," tutup Ito.



Tonton juga video 'Gemar Olahraga? Hati-hati Overtraining!':

[Gambas:Video 20detik]

Baru Rajin Olahraga Saat Usia Sudah Tidak Lagi Muda, Aman Nggak Sih?
(up/up)
News Feed