Sabtu, 15 Des 2018 16:01 WIB

Mengenal Medical Oxygen Regulator yang Penggunaannya Ditonton Eril Dardak

Rosmha Widiyani - detikHealth
Eril Arioristanto, adik Bupati Trenggalek Emil Dardak yang nonton video Medical Oxygen Regulator sebelum meninggal. Foto: Adhar Muttaqin Eril Arioristanto, adik Bupati Trenggalek Emil Dardak yang nonton video Medical Oxygen Regulator sebelum meninggal. Foto: Adhar Muttaqin
Jakarta - Eril Arioristanto (21), adik Bupati Trenggalek Emil Dardak, menonton video Youtube berjudul Medical Oxygen Regulator sebelum meninggal. Eril kemudian ditemukan meninggal dalam kondisi kepala terbungkus plastik.

Medical Oxygen Regulator atau Oxygen Regulator Medical bukan alat medis yang sulit ditemukan di Indonesia. Alat ini berfungsi mengatur volume dan tekanan oksigen dari dalam tangki yang akan diserap pasien.

"Alat Medical Oxygen Regulator dijual bebas sehingga bisa bisa diperoleh tanpa aturan khusus. Namun untuk penggunaannya harus dengan ketentuan dokter, karena penentuan volume dan tekanan oksigen bergantung pada kondisi pasien," kata dokter spesialis paru dari Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan dr Diah Handayani, SpP kepada detikHealth, Sabtu (15/12/2018).


Alat pengatur oksigen memiliki komponen utama kunci tabung, barometer untuk menandai tekanan, dan silinder untuk mengatur volume yang ada di bagian bawah. Alat dipasang tepat di mulut tabung oksigen setelah sebelumnya diatur terlebih dulu sesuai keperluan.

Dalam situs belanja ebay, pengatur oksigen untuk keperluan medis ini bisa diperoleh dengan harga 18,65 dolar Amerika atau Rp 273 ribu. Alat tersedia dalam kondisi baru yang siap digunakan.

(Rosmha Widiyani/up)
News Feed