Minggu, 16 Des 2018 20:10 WIB

Ada Jantung Manusia Tertinggal, Pesawat AS Putar Balik

Firdaus Anwar - detikHealth
Pesawat harus kembali ke bandara karena lupa menurunkan kargo jantung manusia. (Foto ilustrasi: Istock) Pesawat harus kembali ke bandara karena lupa menurunkan kargo jantung manusia. (Foto ilustrasi: Istock)
Jakarta - Maskapai Southwest Airlines dari Seattle ke Dallas, Amerika Serikat (AS), pada hari Minggu (9/12/2018) lalu mengalami insiden yang tidak biasa. Pesawat terpaksa putar balik ke bandara karena lupa menurunkan kargo jantung manusia.

Detail kejadian mengungkap bahwa seharusnya pesawat membawa jantung dari seorang donor ke Seattle untuk diproses rumah sakit. Hanya saja jantung tidak pernah diturunkan dan kru pesawat baru menyadarinya ketika penerbangan sudah hampir setengah jalan.



Beberapa penumpang dilaporkan terkejut ketika kapten pesawat mengumumkan pesawat harus kembali dan alasan di baliknya. Seorang dokter yang kebetulan saat itu menjadi penumpang mendeskripsikan kejadian tersebut sebagai "cerita horor karena kelalaian besar".

Menurut beberapa ahli jantung manusia sendiri saat diangkat dari tubuh punya waktu sekitar empat sampai enam jam untuk bisa dipakai dalam proses transplantasi. Sementara itu pesawat dilaporkan sudah mengudara selama tiga jam.

Lewat sebuah pernyataan pihak maskapai menegaskan bahwa meski ada penundaan jantung sudah diberikan ke pelanggan dalam batas waktu yang sudah ditentukan.

"Keluarga sudah lega mendengar kabar katup jantung kerabat kesayangan mereka juga diterima dan dapat digunakan untuk membantu orang lain," kata Direktur Eksekutif Sierra Donor Services Monica Johnson yang menerima jantung donor seperti dikutip dari BBC, Minggu (16/12/2018).

(fds/up)
News Feed