Rabu, 19 Des 2018 14:44 WIB

Kata Dokter Soal Risiko Beda Rhesus Darah Ketika Menikah dengan Bule

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Pria asal Magelang yang nikahi wanita bule asal Manchester. Foto: Twitter
Jakarta - Menikah dengan bule mungkin adalah hal yang didambakan bagi banyak orang. Terlebih setelah melihat foto-foto pernikahan indah dari Karna dan Polly, pria asal Magelang yang menikahi wanita asli Manchester.

Coba colek teman kamu yang punya cita-cita ingin punya pasangan dari negeri berbeda!

Meski jodoh adalah rahasia Tuhan, kamu harus mengetahui juga risiko yang mungkin saja terjadi ketika kamu memutuskan untuk menikah dengan orang berkebangsaan asing. Salah satunya adalah kemungkinan perbedaan rhesus darah (antigen).

"Rhesus, jangan salah diartikan sebagai kelainan darah, atau hanya dibawa oleh orang asing. Rhesus positif (Rh (+)) dan Rhesus negatif (Rh (-)) hanyalah variasi dari tipe darah seperti golongan darah A, B, AB, dan O," kata dr Muhammad Nurhadi Rahman, SpOG, Dosen Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan UGM, saat dihubungi detikHealth melalui pesan singkat.


Akan tetapi yang jadi permasalahannya, pemilik golongan darah dengan Rhesus negatif lebih sedikit. Masih menurut dokter yang akrab disapa dr Adi ini, hanya ada 1 persen pemilik golongan darah dengan rhesus negatif di Indonesia dan 15 persen di seluruh dunia.

Beberapa waktu silam, DR. Med. Dr. Calvin Tjong, SpOG, menjelaskan kepada detikHealth, perbedaan rhesus bisa menimbulkan masalah namun bisa juga tidak.

"Bila istri memiliki golongan darah Rhesus positif dan suami negatif maka itu tidak akan menimbulkan masalah. Sebaliknya bila istri Rhesus negatif dan suami Rhesus positif maka perlu dilakukan pemeriksaan darah yang dinamakan Coomb test dalam kehamilan. Di samping itu, perlu diberikan suntikan khusus dalam kehamilan dan setelah melahirkan untuk mencegah timbulnya antibodi yang bisa berbahaya untuk kehamilan selanjutnya," ujarnya dalam tulisan sebelumnya.

Rh (+) sebagian besar dimiliki orang Afrika dan Asia dan Rh (-) dominan pada orang di Amerika dan Eropa.




Tonton video 'Heboh Pria Magelang Nikahi Bule Cantik Asal Inggris!':

[Gambas:Video 20detik]

(ask/up)