Kamis, 20 Des 2018 17:00 WIB

Studi Ini Menjawab Mengapa Wanita Bisa Hidup Lebih Lama dari Pria

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ini jawabannya mengapa wanita hidup lebih lama dari pria. Foto: ilustrasi/thinkstock Ini jawabannya mengapa wanita hidup lebih lama dari pria. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Para ilmuwan telah lama bertanya-tanya apa yang membuat wanita cenderung hidup lebih lama dari pria. Banyak negara yang memiliki angka harapan hidup wanita yang lebih tinggi, ketimbang para pria.

Kini mereka telah menemukan jawabannya lewat sebuah studi yang dilakukan dengan menguji kromosom X kedua, menggunakan tikus. Studi yang dilakukan oleh University of California San Fransisco (UCSF) ini menyuntikkan empat kombinasi kromosom dan gonad (kelenjar kelamin); dua kombinasi ditemukan secara alamiah yakni kromosom XX dengan ovarium dan XY dengan testis, serta dua lainnya dibuat di laboratorium, XX dengan testis dan XY dengan ovarium.


Kromosom X mengandung banyak gen terkait dengan otak, sehingga membuatnya sangat krusial untuk bertahan hidup. Sementara kromosom Y, hanya ada pada jantan atau pria, mengandung gen yang lebih sedikit.

"Kami bertanya-tanya sejak lama apa yang membuat wanita banyak berumur panjang. Bisa jadi alam telah mendorong para wanita untuk berevolusi seperti ini. Saat kamu hidup lebih lama, kamu dapat memastikan kehidupan keturunanmu lebih baik, atau bahkan keturunan dari mereka pula," kata Dena Dubal, profesor di UCSF, dikutip dari Times of India.

Studi tersebut mengungkapkan bahwa tikus yang memiliki kromosom XX hidup lama dari yang memiliki kromosom XY. Tikus yang memiliki kromosom XX dengan ovarium, atau dengan kata lain menunjukkan biologis alamiah betina, hidup lebih lama.

Sehingga bisa disimpulkan, memang secara biologis dan alamiah, tubuh wanita didesain untuk mampu hidup lebih lama ketimbang pria.

(frp/up)
News Feed