Minggu, 23 Des 2018 13:58 WIB

Pasca Tsunami Anyer, Dinkes Banten Siapkan 5 Pos Layanan Kesehatan

Rosmha Widiyani - detikHealth
Dampak gelombang tsunami Anyer. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) merespon cepat bencana tsunami yang terjadi di pesisir Pantai Anyer pada Minggu (23/12/2018). Kemenkes telah berkoordinasi dengan subcluster layanan kesehatan di tiap dinas kesehatan (dinkes). Dinkes berada dalam garis koordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Banten.

Saat ini, Dinkes Provinsi Banten telah melakukan penilaian cepat dan mendirikan lima pos pelayanan kesehatan. Pos berada di Pantai Carita, Pantai Panimbang, dan Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang. Untuk pos kesehatan di Puskesmas Panimbang diperkuat tim dokter internship dan Public Safety Center (PSC) 119 Banten dari Dinkes Provinsi Banten.

Dikutip dari rilis Kementerian Kesehatan RI yang diterima detikHealth, Minggu (23/12/2018), pemerintah juga telah menyiapan sarana untuk tindakan ortopedi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Serang. Sebanyak 4 orang dokter spesialis ortopedi dari Kabupaten dan Kota Tangerang siap memberikan bantuan.


Dinkes Provinsi Banten juga menyiapkan kebutuhan obat dan infus untuk korban bencana tsunami. Sementara, untuk kantong jenazah mendapat bantuan dari Dinkes Malingping dan Dinkes Cilegon.

Hingga saat ini, informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang menyatakan korban sudah mendapat penanganan dengan baik. Penanganan ditujukan bagi korban tewas dan mengalami luka berat atau ringan. Tindakan evakuasi sampai sekarang juga masih berlangsung.




Saksikan juga video 'Jokowi Minta Semua Pihak Bergerak Bantu Korban Tsunami':

[Gambas:Video 20detik]


Pasca Tsunami Anyer, Dinkes Banten Siapkan 5 Pos Layanan Kesehatan


(up/up)