Sabtu, 29 Des 2018 15:05 WIB

Diego Forlan Tetap Fit di usia 39, Kamu Juga Bisa Lho

Rosmha Widiyani - detikHealth
Diego Forlan yang berseragam Timnas Sepak Bola Uruguay. Foto: Clive Rose/Getty Images Diego Forlan yang berseragam Timnas Sepak Bola Uruguay. Foto: Clive Rose/Getty Images
Jakarta - Diego Forlan tetap aktif sebagai pemain sepak bola di usia 39 tahun. Pemain asal Uruguay ini bahkan dikabarkan hendak direkrut salah satu Klub Promosi Liga 1 Kalteng Putra.

Forlan menunjukkan usia yang tak lagi muda, bukan penghalang untuk tetap sehat dan penuh energi. Sebelumnya pemain sepak bola naturalisasi Cristian Gonzales yang berusia 42 tahun, juga membuktikan usia tak menutup peluang untuk tetap berkarir sebagai atlet.


Dikutip dari Live Science, usia 40 adalah masa peningkatan berbagai risiko kesehatan dalam tubuh. Di usia ini, seseorang harus mengevaluasi kesehatanya setelah sempat terabaikan karena urusan pekerjaan, keluarga, dan orangtua.

"Ambil napas dalam, introspeksi, dan bersiaplah untuk berusaha hidup sehat. Perubahan ini berlangsung perlahan, namun bisa lebih cepat menunjukkan hasil jika segera dimulai," kata dokter ahli penyakit dalam Sandra Fryhofer di Piedmont Hospital, Atlanta.

Hal pertama yang dilakukan adalah memeriksakan kesehatan penglihatan di dokter mata. Seiring usia, kesehatan penglihatan cenderung makin menurun. Jika ada masalah, dokter biasanya menyarankan penggunaan kacamata atau terapi lain untuk memperbaiki kondisi penglihatan.

Selanjutnya segera periksakan tekanan darah, kadar kolesterol, dan berat badan. Selain itu sebaiknya lakukan pemeriksaan kelenjar tiroid yang terletak di leher. Kelenjar ini mengatur produksi hormon dan tingkat energi yang diproduksi tubuh. Usia 40 adalah saat tiroid mulai lelah, hingga mengakibatkan penurunan fungsi tubuh.

Bagi perokok, sangat disarankan segera menghentikan kebiasaan tersebut. Berhenti merokok bisa menekan faktor risiko diabetes, jantung, dan darah tinggi. Selain itu usahakan mulai olahraga serta rutin mengonsumsi sayur dan buah. Pola hidup sehat membantu usia 40an bisa terlalui dengan baik.

(kna/kna)