Minggu, 30 Des 2018 14:05 WIB

Cedera Otot Seperti Tri Rismaharini, Begini Mengatasinya

Roshma Widiyani - detikHealth
Potret Walikota Surabaya, Tri Rismaharini yang menggunakan kursi roda karena keseleo. Foto: Amir Baihaqi Potret Walikota Surabaya, Tri Rismaharini yang menggunakan kursi roda karena keseleo. Foto: Amir Baihaqi
Jakarta - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini beberapa hari ini terlihat bekerja memakai kursi roda. Sebelumnya sempat diberitakan, Risma mengalami keseleo hingga harus dibantu masuk mobil. Hasil Magnetic Resonance Imaging (MRI) menunjukkan adanya robekan otot tendon achilles di kedua kakinya.

Cedera otot tendon achilles bisa terjadi pada siapa saja, mulai dari atlet hingga masyarakat biasa. Otot terbesar dalam tubuh manusia ini terletak memanjang mulai dari tumit hingga betis. Cedera otot tendon achilles makin cepat sembuh bila pasiennya istirahat, atau tidak terlalu sering menggerakkan bagian yang terluka. Dalam beberapa kasus, pasien mungkin memerlukan penopang atau kursi roda selama menjalankan aktivitas.


Dikutip dari Web MD, pertolongan pertama saat terluka adalah mengkompres bagian yang sakit dengan es. Kompres selama 20 menit atau sesuai keperluan ini bisa membantu mengurangi rasa sakit. Selanjutnya perban elastis dipasang pada kaki bagian bawah mulai dari mata kaki. Perban mencegah bagian di sekitar otot yang robek membengkak. Selain itu, pastikan mengganjal bagian yang sakit dengan bantal saat duduk atau tidur.

Bila rasa sakit sangat mengganggu, dokter biasanya meresepkan obat pereda nyeri misal ibuprofen atau naproxen. Dokter biasanya juga menyarankan untuk menggunakan ganjalan yang dimasukkan dalam alas kaki. Ganjal yang ditaruh di bagian lutut ini melindungi otot supaya tidak tertarik selama penyembuhan. Selain itu, pasien sebaiknya melakukan pemanasan atau senam untuk menguatkan otot tendon achilles sesuai saran dokter.

Robeknya otot tendon achilles biasanya terjadi akibat pergerakan yang tiba-tiba. Misal gerakan mengangkat tubuh atau salah posisi kaki saat mendarat usai lompat. Risiko lain adalah menggunakan sepatu bertumit tinggi atau otot tendon yang terlalu kaku. Untuk mencegah cedera terjadi, sebaiknya gunakan alas kaki yang nyaman dan sesuai ukuran. Selain itu segera berhenti beraktivitas saat otot di belakang betis atau tumit terasa sakit dan kaku.

(ask/up)
News Feed
Layar Pemilu Terperc
×
Layar Pemilu Terpercaya
Layar Pemilu Terpercaya Selengkapnya