Minggu, 06 Jan 2019 11:12 WIB

Putus Kontrak BPJS Kesehatan, Efek Minim Komitmen Manajemen Rumah Sakit?

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ilustrasi BPJS Kesehatan. Foto: Dok. detikcom Ilustrasi BPJS Kesehatan. Foto: Dok. detikcom
Topik Hangat Putus Kontrak RS-BPJS
Jakarta - Sejumlah rumah sakit milik pemerintah dan swasta mengalami pemutusan kontrak kerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akhirnya memberi rekomendasi perpanjangan kontrak BPJS Kesehatan dengan 169 rumah sakit, meski proses akreditasi belum usai. Sempat mengalami pemutusan kontrak harus menjadi pelajaran bagi jajaran manajemen rumah sakit.

"Pemerintah sebetulnya sudah mulai memberi peringatan pada 2013 yang dilakukan berulang kali. Pemutusan kontrak dengan BPJS Kesehatan tak perlu terjadi jika manajemen rumah sakit punya komitmen pada akreditasi. Dengan adanya kasus ini, kita jadi mempertanyakan komitmen pemilik dan pemerintah daerah," kata Ketua Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) dr Sutoto pada detikHealth, Minggu (06/01/2019).


Sutoto mengatakan, akreditasi memastikan rumah sakit bisa mempertahankan kepercayaan dari masyarakat. Kepercayaan untuk menyentuh, memegang, dan melukai jangan sampai dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi rumah sakit. Keselamatan masyarakat harus terjamin saat melakukan terapi hingga sembuh atau mengalami perbaikan kondisi.

Sayangnya, manajemen rumah sakit umumnya berorientasi pada tampilan gedung untuk meraih kepercayaan masyarakat. Strategi ini bersambut dengan masih minimnya pengetahuan masyarakat terkait pelayanan rumah sakit yang berkualitas. Akibatnya, rumah sakit memiliki gedung yang mewah namun kamar operasi yang masih kurang dari standar misal tak punya penyaring udara.

Sutoto berharap manajemen tak lagi meremehkan pentingnya akreditasi rumah sakit. Akreditasi rumah sakit harus diperbarui tiap 5 tahun untuk menjamin kualitas pelayanan pada masyarakat.



Simak Juga 'Pemerintah Kembali Suntik Dana BPJS Kesehatan Sebesar Rp 5,26 T':

[Gambas:Video 20detik]


Putus Kontrak BPJS Kesehatan, Efek Minim Komitmen Manajemen Rumah Sakit?
(kna/kna)
Topik Hangat Putus Kontrak RS-BPJS
News Feed
CNN ID
×
Insight With Desi Anwar
Insight With Desi Anwar Selengkapnya