Minggu, 06 Jan 2019 16:14 WIB

RS Awal Bros Bekasi Timur Kembali Terima Pasien BPJS Kesehatan

Rosmha Widiyani - detikHealth
Meski belum menyelesaikan akreditasi beberapa rumah sakit mulai melayani pasien BPJS Kesehatan (Foto: Rinto Heksantoro/detikcom) Meski belum menyelesaikan akreditasi beberapa rumah sakit mulai melayani pasien BPJS Kesehatan (Foto: Rinto Heksantoro/detikcom)
Topik Hangat Putus Kontrak RS-BPJS
Jakarta - Rumah Sakit (RS) Awal Bros Bekasi Timur telah kembali melayani pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Hal ini ditegaskan dalam surat yang dikeluarkan BPJS Kesehatan dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bertanggal 4 Januari 2019.

"Saat ini RS Awal Bros Bekasi Timur memang masih dalam proses akreditasi. Namun dengan keluarnya surat rekomendasi dari Kemenkes maka kami bisa kembali melayani pasien BPJS Kesehatan. Tentunya pelayanan akan tetap kami berikan secara profesional dan penuh kepedulian pada pasien," kata Direktur Utama RS Awal Bros Bekasi Timur dr Daniel Prayogo dalam rilis yang diterima detikHealth, Minggu (06/01/2019).



Proses akreditasi terhadap RS Awal Bros Bekasi Timur hingga kini terus berlanjut. Akreditasi diperlukan untuk menjamin pelayanan mutu pada pasien dengan fasilitas, sarana, dan sumber daya yang tersedia. Proses akreditasi rumah sakit diperbarui tiap 5 tahun, sedangkan puskesmas dan klinik dalam kurun waktu 7 tahun.

Sebelumnya, RS Awal Bros Bekasi Timur masuk dalam kategori belum terakreditasi. Kemenkes juga tidak merekomendasikan RS tersebut sebagai salah satu mitra kerja sama dengan BPJS Kesehatan. Ada sekitar 23 rumah sakit, termasuk RS Awal Bros Bekasi Timur, yang masuk dalam kategori tersebut.

Namun dengan pertimbangan meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), maka Kemenkes memperpanjang kontrak kerja sama dengan RS Awal Bros. Selanjutnya pihak RS diminta melaporkan soal perpanjangan kontrak kerja sama dengan BPJS Kesehatan.

(up/up)
Topik Hangat Putus Kontrak RS-BPJS
News Feed