Senin, 07 Jan 2019 12:15 WIB

Kampanye Berakhir, Cakupan Imunisasi MR Capai 87,33 Persen

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi pemberian vaksin (Foto: Lamhot Aritonang) Ilustrasi pemberian vaksin (Foto: Lamhot Aritonang)
Jakarta - Kampanye Imunisasi Campak Rubella yang berakhir pada 31 Desember 2018 lalu, berhasil mencapai target cakupan yang diharapkan yaitu 100,98 persen atau lebih dari 35 juta anak di Pulau Jawa pada Fase I. Untuk Fase II, tercapai cakupan 72,79 persen yakni lebih dari 23 juta anak di luar Pulau Jawa.

"Setelah melakukan kampanye MR yang sudah diperpanjang sampai akhir Desember,secara keseluruhan, rata-rata pencapaian imunisasi di Indonesia untuk Jawa dan luar Jawa sebesar 87,33 persen," tutur Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Anung Sugihantono, saat dijumpai di kantor Kementerian Kesehatan, Jl Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (7/1/2019).



Anung menambahkan, data tersebut masih bersifat dinamis karena sampai saat ini Kementerian Kesehatan masih membuka laporan untuk pencapaian imunisasi dan tetap akan di-update.

Tercatat 12 provinsi telah sukses mencapai cakupan lebih dari 95 persen yaitu Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta, Papua Barat, Lampung, Gorontalo, Bali, Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah. Namun, ada provinsi dengan cakupan kurang dari 50 persen yaitu, Provinsi Aceh, Sumatera Barat dan Riau.

Meski kampanye imunisasi campak-rubella telah berakhir, tetapi layanan imunisasi tetap dilanjutkan.

"Upaya perlindungan terhadap PD3I (Penyakit-penyakit yang Dapat Dicegah dengan Imunisasi) salah satunya campak dan rubella tetap dijalankan melalui program rutin yang selama ini sudah dilakukan," pungkasnya.

(kna/up)
News Feed